Logo Network
Network

KOOD Diharapkan Jadi Garda Terdepan Lestarikan Budaya Depok

Dhodi
.
Senin, 03 Oktober 2022 | 11:17 WIB
KOOD Diharapkan Jadi Garda Terdepan Lestarikan Budaya Depok
Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono di acara Milad ke-22 Kumpulan Orang-orang Depok (KOOD). Foto : Dok. Diskominfo Pemkot Depok

DEPOK, iNewsDepok.idWakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono atau yang akrab dipanggil Bang Imam mengatakan bawah budaya adalah jati diri bangsa, sehingga harus terus dilestarikan oleh semua pihak.

Hal tersebut disampaikan oleh Bang Imam di acara Milad ke-22 Kumpulan Orang-orang Depok (KOOD) di Rumah Budaya Rawa Denok, Kelurahan Rangkapan Jaya Baru Kecamatan Pancoran Mas, Minggu (02/10/2022).

"Kita perlu membangun budaya bersama-sama karena budaya adalah jati diri bangsa. Maka harus terus dilestarikan sebagai warisan dunia," ujar Bang Imam.

Bang Imam menambahkan saat ini sedang terjadi krisis identitas nasional, karena gobalisasi masuk lebih cepat. Akibatnya budaya asing banyak mempengaruhi kultur yang sudah terbentuk di budaya timur.

"Kehadiran KOOD dapat menjadi garda terdepan menangkal budaya luar masuk ke Indonesia, khususnya Kota Depok," kata Bang Imam.

"Kemajemukan ini harus diperkuat untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan demi terwujudnya Depok yang Maju, Berbudaya dan Sejahtera," lanjutnya.

Sementara Ketua Umum KOOD Ahmad Dahlan mengatakan, hari jadi KOOD dimeriahkan dengan berbagai kegiatan. Di antaranya, tasyakuran, parade mawalan (rebana), pentas budaya, tarian, lenong bocah, gambang kromong dan lain-lain.

"Kota Depok tidak lepas dari budaya Sunda, budaya Betawi dan budaya lainnya. Ini harus kita lestarikan agar bisa menjadi warisan bagi anak cucu di masa mendatang," pungkasnya.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News

Bagikan Artikel Ini