get app
inews
Aa Read Next : DLHK Kota Depok Bersihkan Sampah Menumpuk di Jalan Proklamasi, Warga Abadijaya Beri Apresiasi

Wakil Wali Kota Depok Ajak Warga Kembangkan Pertanian Perkotaan

Kamis, 22 September 2022 | 08:20 WIB
header img
Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono memanen ikan di area praktik pelatihan Pekarangan Pangan Lestari (P2L), Kelurahan Jatijajar. Foto : Dok.Pemkot Depok

DEPOK, iNewsDepok.idWakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono atau yang akrab dipanggil Bang Imam, mengajak warga untuk mengembangkan pertanian perkotaan.

Hal tersebut disampaikan Bang Imam saat mengunjungi area praktik pelatihan Pekarangan Pangan Lestari (P2L), Kelurahan Jatijajar. Depok.

Program kegiatan pelatihan tersebut merupakan komitmen Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam menjaga ketahan pangan, khususnya dalam skala rumah tangga.

Dalam kunjungan tersebut, Bang Imam berkesempatan memanen ikan konsumsi di area pelatihan.

Bang Imam bersama Camat Tapos, Abdul Mutolib dan Kelompok Tani Lele Jati memanen 45 kilogram ikan lele dari 600 ekor benih yang ditebar. Selain lele, juga terdapat ikan nila yang masih dalam tahap pembesaran.

"Ini hebat, bisa ada pertanian di tengah perkotaan. Nanti dari sini bisa dikembangkan lagi, bisa ayam petelur ataupun lebah trigona," ucap Bang Imam di lokasi pelatihan, Rabu (21/09/2022).

Terkait hal itu, Bang Imam mengajak kepada seluruh komponen yang ada di Kota Depok ikut berpartisipasi dalam mengembangkan pertanian perkotaan.

Pertama, warga yang memiliki lahan dapat berkolaborasi dengan petani agar lahannya bisa lebih dioptimalkan menjadi lahan pertanian perkotaan.

Kedua, para pebisnis dapat menyiapkan bibit-bibit untuk warga (kelompok tani).

Ketiga, para teknisi dapat membantu dengan keilmuannya membuat suatu teknologi yang dapat digunakan oleh pertanian perkotaan.

Sementara Camat Tapos, Abdul Mutolib mengatakan, dengan kegiatan panen ini membuktikan kegiatan pemberdayaan masyarakat di Jatijajar berjalan dengan baik. Bahkan, menurutnya, kegiatan ini tidak berhenti setelah panen, namun akan diteruskan.

"Semoga dengan kehadiran pak Wakil di sini dapat menambah semangat dan gairah temen-temen peserta pelatihan P2L dalam bertani," harapnya.

Lurah Jatijajar, Mujahidin menambahkan, dengan kegiatan P2L yang sudah dilaksanakan dapat menopang ketersediaan bahan pangan bagi warga masyarakat. Selain itu, lahan yang ada di masyarakat dapat dimanfaatkan, baik lahan dihalaman ataupun lahan yang tersedia.

Selain itu, kegiatan ini juga dapat menambah ilmu pengetahuan dan membuka lapangan pekerjaan bagi warga terdampak Covid-19.

Mujahidin berharap, kegiatah ini dapat menjadi tambahan penghasilan bagi warga masyarakat Jatijajar.

"Mudah-mudahan dengan kegiatan ini menjadikan masyarakat lebih tangguh lagi dalam menghadapi kelangkaan pangan. Sebab sudah tersedianya bahan pangan di area pekarangan mereka," ucap Mujahidin.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut