get app
inews
Aa Read Next : Akibat Gadget dan Bullying, 2 Remaja di Jember Tidak Mengenali Orang Tuanya

Guru Honorer ini Pakai Gaji Rp200 Ribu Miliknya untuk Belikan Sepatu Siswa Miskin

Rabu, 14 September 2022 | 08:07 WIB
header img
Guru honorer di Kediri pakai uang gajinya untuk belikan sepatu siswa miskin. Foto : Tangkapan layar TikTok Marga Cistha.

KEDIRI, iNewsDepok.id – Seorang guru honorer di Kabupaten Kediri, Jawa Timur yang bernama Marga Chista, mendadak viral dan menjadi sorotan para netizen.

Pasalnya pria yang mengajar di SD Tiru Lor Dua Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri ini, rela menghabiskan gajinya yang sebesar Rp200 ribu untuk membelikan siswanya sepatu baru, seragam, dan dasi. Perbuatan mulia guru ini dipicu kondisi siswanya yang miskin.

Setiap hari siswanya itu datang ke sekolah dengan dasi kendur dan tidak memakai sepatu. Hal ini membuat Marga Chista prihatin.

Sikap terpujinya itu dibagikan Marga Chista lewat akun TikToknya @margacistha pada Sabtu (10/9/2022). Dirinya membagikan video itu untuk menyemangati para guru honorer agar selalu perhatian kepada anak didiknya.

"Saya tidak tega melihat ada murid saya ke sekolah tidak memakai sepatu, dengan alasan sepatunya sudah kekecilan dan dasinya sudah kendur," ucapnya.

Sementara itu, Reza Ardiansyah, siswa miskin yang menerima sepatu baru dari Marga Chista mengaku terpaksa memakai dasi kendur setiap hari dan tidak memakai sepatu ke sekolah karena tidak punya biaya.

"Ayah saya bekerja sebagai buruh tani, ibu TKW. Saya sangat senang dapat sepatu baru, bisa seperti teman yang lainnya. Saya akan lebih semangat belajar dan pergi ke sekolah," ucapnya.

Marga Chista telah menjadi guru honorer di sekolah itu baru 1 tahun setengah. Hingga saat ini, sudah ada 20 siswanya yang dibelikan perlengkapan sekolah, mulai dari sepatu baru, buku tulis, seragam, dasi dan topi.

Netizenpun merasa simpati terhadap perbuatan Marga Chista ke muridnya, dan menuliskan komentar di unggahan video TikTok tersebut.

“Gaji seorang guru sebenarnya ketika nanti di akhirat ya pak, semangat,” komentar netizen.

“Bapak didoain banyak orang kok pak.. Tuhan maha adil dan penyayang,” tulis netizen.

“Pak, Tuhan berkati rezekimu yaaa. Pasti selalu Tuhan cukupkan,” doa netizen.

Artikel ini tayang di sindonews.com dengan judul “Viral Pak Guru Honorer di Kediri Habiskan Gaji Rp200 Ribu untuk Belikan Sepatu Siswa Miskin."

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut