get app
inews
Aa Read Next : Akibat Gadget dan Bullying, 2 Remaja di Jember Tidak Mengenali Orang Tuanya

Pasca Kebakaran Hutan, TN Baluran Jatim Kembali Dibuka Untuk Umum

Senin, 02 Oktober 2023 | 13:10 WIB
header img
Senja di Taman Nasional Baluran. Foto: iNews Depok/Tama

SITUBONDO, iNewsDepok.id - Objek wisata alam Taman Nasional (TN) Baluran Situbondo, Jawa Timur, kembali dibuka bagi pengunjung wisata, setelah sepekan ditutup sementara akibat terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di lereng Gunung Baluran di kawasan itu.

Kepala Balai Taman Nasional Baluran Situbondo, Johan Setiawan mengatakan dibukanya kembali kunjungan wisata alam itu setelah petugas berhasil memadamkan kebakaran hutan dan lahan di lereng gunung kawasan wisata tersebut pada Jumat (29/9/2023).

"Alhamdulillah wisata Taman Nasional Baluran kami buka kembali sejak Minggu (1/10/2023) kemarin usai kebakaran hutan dan lahan yang cukup besar di lereng Gunung Baluran," ujar Johan saat di Situbondo, Jawa Timur, seperti dilansir Antara Senin (2/10/2023).

Dia menyebutkan bahwa kebakaran hutan dan lahan di lereng gunung kawasan suaka margasatwa itu terjadi sejak Senin hingga Jumat kemarin, dan selama lima hari itu api menghanguskan sekitar 180 hektare.

Johan mengimbau kepada pengunjung wisata Taman Nasional Baluran agar lebih berhati-hati menggunakan api di kawasan wisata itu. Mengingat saat ini wilayah tersebut masih dilanda musim kemarau.

"Kepada para pengunjung wisata maupun masyarakat yang melakukan aktivitas di kawasan kami imbau agar lebih hati-hati menggunakan api di kawasan wisata, karena mulai pintu masuk wisata sangat kering dan tebal serta mudah terbakar," imbuhnya.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut