get app
inews
Aa Read Next : 9 Penyebab Wajah Gatal, Kenali Apa yang Diungkapkan Tubuh tentang Kondisi Kesehatan

3 Cara Mengatasi Telapak Kaki Pecah-Pecah, Dijamin Ampuh!

Senin, 05 September 2022 | 06:56 WIB
header img
Ilustrasi telapak kaki. Foto: prevention.com

DEPOK, iNewsDepok.id - Masalah telapak kaki yang pecah-pecah tentunya mengganggu penampilan, apalagi bila kita senang mengenakan alas kaki dengan area tumit terbuka, seperti selop.

Telapak kaki yang pecah-pecah juga membuat tidak nyaman saat beraktivitas, terutama saat bepergian.

Umumnya, telapak kaki pecah-pecah terjadi di area tumit. Bila mengalami masalah tersebut, bisa menimbulkan rasa sakit. Kulit juga tampak sangat kering di area tumit tersebut.

Ada beberapa penyebab kulit telapak kaki pecah-pecah, seperti mengenakan ukuran sepatu yang tidak pas, terlalu lama dan sering berdiri, serta sering berjala menggunakan alas kaki.

Ada juga kondisi medis pada seseorang yang dapat menyebabkan kulit telapak kaki pecah-pecah, di antaranya mengalami masalah kesehatan kulit seperti dermatitis atopik, infeksi karena jamur, dan psoriasis.

Selain itu, ada beberapa kondisi medis khusus yang bisa menyebabkan kondisi telapak kaki pecah-pecah, seperti hipotiroidisme dan diabetes. Selain itu, kurangnya asupan nutrisi tertentu yang mengarah pada kondisi malnutrisi, seperti kurang asupan lemak atau Vitamin A.

Lantas bagaimana mengatasi masalah telapak kaki pecah-pecah? Berikut cara mengatasi telapak kaki pecah-pecah, seperti dirangkum pada Senin (5/9/2022):

  1. Rutin Mengoleskan Pelembab

Menggunakan pelembab adalah cara mengatasi telapak kaki pecah-pecah. Gunakan pelembab kaki di area kulit telapak kaki yang pecah-pecah tersebut. Ada beberapa kandungan pelembab seperti minyak mineral, gliserin, dan urea.

Salah satu jenis pelembap yang baik digunakan untuk kaki pecah-pecah adalah petroleum jelly. Pelembab ini bisa digunakan di pagi dan malam hari.

Pada malam hari sebelum tidur, oleskan pelembab pada kulit kaki yang bermasalah, lalu kenakan kaus kaki yang nyaman agar pelembap dapat terserap lebih baik.

Seperti halnya air, pelembap juga akan menjaga kelembaban kulit, sehingga kaki yang pecah-pecah dapat pulih.

  1. Eksfoliasi

Cara mengatasi telapak kaki pecah-pecah berikutnya adalah melakukan eksfoliasi. Eksfoliasi berfungsi mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk.

Kaki yang pecah-pecah ini biasanya berupa kulit mati atau kering. Sebab itu, kulit mati tersebut harus ditangani dengan eksfoliasi.

Untuk eksfoliasi bisa menggunakan batu apung, dengan cara menggosokkan batu apung pada telapak kaki yang pecah-pecah.  

Cara penggunaannya cukup mudah. Pertama, rendam kaki yang pecah-pecah dalam air selama 5 menit atau sampai kulit terasa lembut. Setelah itu, basahi batu apung dengan air hangat, lalu gosokkan secara perlahan pada area kaki pecah-pecah.

Lakukan perawatan ini selama 2–3 menit. Setelah selesai, oleskan kulit yang bermasalah dengan pelembab.

  1. Minum Banyak Air 

Yang tidak kalah penting adalah minum banyak air atau cukup terhidrasi. Ketika tubuh kurang cairan atau dehidrasi, itu juga bisa berdampak pada kulit.

Jika seseorang minum banyak air, maka itu akan membuat kulit menjadi terhidrasi dan lembab, sehingga kaki yang pecah-pecah dapat pulih secara perlahan. Dalam sehari sebaiknya minum minimal delapan gelas per hari.

Nah, mudah bukan cara mengatasi telapak kaki yang pecah-pecah. Selamat mencoba!

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut