get app
inews
Aa Read Next : Bolehkah Mandi Keramas di Siang Hari Saat Puasa? Simak Hukumnya

6 Hal Buruk Ini Bisa Terjadi Bila Makan dan Minum Sambil Berdiri

Senin, 22 Agustus 2022 | 06:37 WIB
header img
Makan dan minum tidak boleh dilakukan sambil berdiri. Foto: Freepik/by tiracharz

DEPOK, iNewsDepok.id - Kebiasaan makan dan minum sambil berdiri ternyata menyebabkan 6 dampak buruk bagi kesehatan. Di samping memang makan dan minum sambil berdiri dianggap tidak sesuai normal kesopanan. 

Dalam agama Islam, makan dan minum sambil berdiri tidak dianjurkan. Berdasarkan hadist riwayat Muslim, Rasulullah Saw bersabda bahwa makan sambil berdiri itu lebih parah dan lebih jelek.

“Dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam di mana beliau melarang seseorang minum sambil berdiri."

Qotadah berkata bahwa mereka kala itu bertanya (pada Anas), "Bagaimana dengan makan (sambil berdiri)?" Anas menjawab, "Itu lebih parah dan lebih jelek." (HR. Muslim no. 2024).

Dan memang bila dilihat dari sisi medis, kebiasaan makan dan minum sambil berdiri memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan tubuh.

Berikut dampak buruk bagi kesehatan bila seseorang makan dan minum sambil berdiri, seperti dikutip dari Healthline dan Healthshots, pada Senin (21/8/2022):

  1. Perut Kembung

Ternyata makan sambil berdiri dapat memperbesar risiko perut kembung. Orang yang makan dengan cepat, sambil berdiri maupun berjalan-jalan dapat membuat sistem pencernaan mengolah makanan 30 persen lebih cepat.

Bukannya baik, kondisi ini justru meningkatkan kemungkinan pencernaan yang buruk, sehingga menyebabkan perut kembung. Ketika mengalami perut kembung, tentu saja akan terasa tidak nyaman.

  1. Gangguan Pencernaan

Minum air sambil berdiri bisa mendatangkan malapetaka pada sistem pencernaan. Pasalnya, ketika seseorang berdiri dan minum air, air mengalir dengan kekuatan dan kecepatan yang besar melalui saluran makanan dan langsung jatuh ke perut bagian bawah, yang berbahaya.

"Saraf menjadi tegang ketika seseorang minum air dengan cepat sambil berdiri, yang mengganggu keseimbangan cairan, menyebabkan peningkatan racun dan gangguan pencernaan," ungkap Dr Vipul Rustgi, dokter umum yang berbasis di Delhi.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut