get app
inews
Aa Read Next : 5 Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi Rutin Tiap Jumat, Manfaatnya Sebesar Ini!

Inilah 5 Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi di Hari Jumat

Jum'at, 19 Agustus 2022 | 06:36 WIB
header img
Keutamaan membaca Alquran Surat Al Kahfi di hari Jumat. Foto: Freepik

DEPOK, iNewsDepok.id - Hari Jumat merupakan waktu terbaik untuk berdoa dan bermunajat, termasuk membaca Alquran Surat Al Kahfi. Pasalnya, ada banyak manfaat membaca Surat Al Kahfi di Hari Jumat.

Surat Al Kahfi atau disebut juga Ashabul Kahf merupakan surat ke-18 dalam Alquran yang berarti para penghuni goa. Surat ini mengisahkan tujuh pemuda saleh dan seekor anjing yang mengasingkan diri dari kejaran penguasa zalim dan kafir.

Para pemuda ini hidup pada masa Raja Diqyanus di Romawi beberapa ratus tahun sebelum diutusnya Nabiyullah Isa AS. Di masa itu, mereka dipaksa menyembah berhala, namun para pemuda saleh ini menolak dan lari dari kejaran pasukan raja hingga sampai di mulut gua dan dijadikan tempat persembunyian.

Dengan izin Allah mereka kemudian ditidurkan selama 309 tahun di dalam gua, dan dibangkitkan kembali ketika masyarakat dan raja mereka sudah berganti menjadi masyarakat dan raja yang beriman kepada Allah SWT.

Lantas apa saja manfaat dari Surat Al Kahfi? Dalam hadits Nabi SAW, manfaat baca Surat Al Kahfi di antaranya, dihindarkan dari fitnah Dajjal hingga diampuni semua dosa di antara dua Jumat. 

Manfaat baca Surat Al Kahfi di Hari Jumat lainnya yakni akan diberikan ketenangan hati selama sepekan hingga Jumat berikutnya, telapak kaki akan muncul cahaya hingga ke langit dan menyinarinya kelak di hari kiamat.

Oleh karena itu, membaca Surat Al Kahfi di Hari Jumat memang sangat dianjurkan. Namun, membaca Surat Al Kahfi bisa dilakukan pada malam Jumat atau Hari Jumat.

Rasulullah SAW dalam hadits yang diriwayatkan sejumlah sahabatnya menyebutkan sejumlah keutamaan bagi orang yang membaca Surat Al Kahfi tiap Jumat. 

Berikut 5 manfaat membaca Surat Al Kahfi pada Hari Jumat, seperti dilansir dari sumber tafsir Ibnu Katsir Surat Al Kahfi:

  1. Diberikan Cahaya hingga Kabah

Dari Abu Sa'id Al-Khudri r.a. yang telah mengatakan, "Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka diberikan cahaya baginya yang menerangi antara dia hingga Baitul' Atiq (Ka'bah)." Demikianlah kedudukan hadis ini yang diriwayatkan secara mauquf. Hal yang sama telah diriwayatkan oleh As-Sauri. 

  1. Muncul Cahaya Hingga Jumat Berikutnya

Dari Abu Hasyim dengan sanad yang sama melalui hadis Abu Sa'id Al-Khudri.

، عَنْ أَبِي سَعِيدٍ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ: " مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمُعَةِ، أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ "

Artinya: Dari Abu Sa’id, dari Nabi Saw. yang telah bersabda: Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka memancarlah cahaya baginya sejak mulai membacanya sampai Jumat berikutnya. Imam Hakim mengatakan bahwa sanad hadis ini sahih.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut