get app
inews
Aa Read Next : Pulihkan Korban Terorisme, Kepala BNPT Raih Anugerah Garuda Pelindung dari LPSK

Sebagai Justice Collaborator, LPSK Beri Perlindungan Agar Makanan Bharada E Tak Diracun

Kamis, 18 Agustus 2022 | 21:10 WIB
header img
Bharada E. (MNC Portal)

JAKARTA, iNewsDepok.id - Dalam kasus pembunuhan Brigadir J, Bharada E atau Richard Eliezer menjadi Justice Collaborator (JC), sehingga Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) terus berkoordinasi dengan Bareskrim Polri untuk menjamin perlindungan bagi Bharada E.

Termasuk LPSK memberi jaminan perlindungan terhadap Bharada E dalam segi suplai logistik yakni berupa pakaian dan makanannya.

Wakil Ketua LPSK, Susilaningtias mengungkapkan pihaknya terus bekerja sama dengan Bareskrim untuk memastikan makanan yang diberikan kepada Bharada E tidak diracun.

"Kami sekarang hanya menjalankan perlindungan kepada Bharada E, perlindungan fisik termasuk pengamanan pengawalan kami bekerja sama dengan Bareskrim termasuk memastikan soal makanan supaya tidak diracun untuk Mas Bharada E," jelas Susi kepada wartawan, Kamis (18/8/2022).

Lebih lanjut menurut Susi, perlindungan yang tengah diberikan kepada Bharada E, selain perlindungan fisik juga membutuhkan penguatan spiritual.

"Kami berikan perlindungan fisik kemudian ada perlindungan sebagai JC, ada pendampingan. Kami juga menyediakan rohaniawan untuk Bharada E jika dibutuhkan karena butuh untuk penguatan spiritual," papar Susi.

Sementara Juru Bicara LPSK, Rully Novian mengungkapkan pihaknya tetap memberikan penebalan perlindungan kepada Bharada E sejak dikabulkannya status JC oleh lembaganya.

"Saya nggak mau bahas sampai teknis dalam, tetapi ada (penjagaan) sampai dalam. Ada, tapi ga perlu kita bahas teknisnya seperti apa," ungkap Rully.

Sebelumnya, Rully menyatakan ke depannya LPSK berharap jika diizinkan perlu memiliki rumah tahanan khusus agar memudahkan pengawalan JC.

"Sebetulnya memang, idealnya bahwa ke depan ada semacam rumah tahanan khusus bagi JC dan itu pasti akan memudahkan pengamanan perlindungan yang dilakukan LPSK. Itu diharapkan ke depan seperti itu," ungkap Rully.

Rully pun menyampaikan pihaknya kini sudah menempatkan pengawal khusus dari LPSK di ruang tahanan Bharada E.

"Sejak Jumat perlindungan darurat sudah jalan LPSK sudah menempatkan pengamanan pengawalan yang sementara kita koordinasikan dengan Bareskrim, tapi orang-orang LPSK, petugasnya dari LPSK," jelas Rully.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut