get app
inews
Aa Read Next : Wujudkan Indonesia Emas di 2045, Generasi Penerus Harus Berkarakter Cinta Tanah Air

Kepala BNPT Hadiri Pengukuhan 548 Sahabat Saksi dan Korban Angkatan 1 Tahun 2022

Jum'at, 23 Desember 2022 | 16:36 WIB
header img
Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar, MH bersama Sahabat Saksi dan Korban yang diadakan LPSK. Foto: doc BNPT

JAKARTA, iNewsDepok.id - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) menghadiri Pengukuhan Sahabat Saksi dan Korban Angkatan 1 Tahun 2022 dengan tema "Kita Peduli Kita Lindungi" di Gedung Kantor Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), Jakarta pada Kamis (22/12). 

Sahabat Saksi dan Korban adalah individu atau kelompok masyarakat yang ditetapkan oleh LPSK sebagai mitra dalam penyelenggaraan layanan perlindungan saksi dan korban.

LPSK mengukuhkan sebanyak 548 Sahabat Saksi dan Korban yang berada di 7 provinsi yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Bangka Belitung, Nusa Tenggara Timur  dan Sulawesi Selatan. 

BNPT RI bersama LPSK sebelumnya telah memperlihatkan kepedulian yang tinggi kepada korban kasus tindak pidana terorisme. Terhitung sejak tahun 2002 hingga 2022, Pemerintah telah memberikan kompensasi kepada lebih dari 700 korban terorisme. 

Kepala BNPT RI menjelaskan upaya pemerintah Indonesia dalam pemenuhan hak dan kebutuhan korban terorisme melalui penguatan kerangka legislasi dan pemberian kompensasi kepada korban terorisme masa lalu dan masa kini, termasuk korban yang merupakan warga negara asing. 

Selain itu, Boy juga menyatakan bahwa pemerintah melalui BNPT RI dan LPSK juga memberikan bantuan lain berupa bantuan medis, atau rehabilitasi psikososial dan psikologis.

"Pemerintah juga memberikan bantuan medis, rehabilitasi psikososial dan psikologis serta bantuan lain," katanya.

Komitmen negara untuk memenuhi hak dan kebutuhan korban diperkuat dengan sejumlah program BNPT. Program antara lain silahturahmi kebangsaan, sebuah forum rekonsiliasi yang mempertemukan penyintas dengan mantan narapidana terorisme, serta program Kawasan Terpadu Nusantara (KTN) yang melibatkan mitra deradikalisasi, penyintas dan masyarakat lokal. 

Boy Rafli menyebut terobosan tersebut merupakan bentuk kesiapan pemerintah melalui pendekatan multi-stakeholders atau pentahelix di mana seluruh pihak terlibat dalam proses pemulihan dan pemenuhan hak penyintas.

“Negara bertanggungjawab dalam memenuhi hak dan kebutuhan korban terorisme, meningkatkan kesejahteraan akan membantu proses penyembuhan mereka,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua LPSK Drs. Hasto Atmojo Suroyo, M.Krim menjelaskan pengukuhan Sahabat Saksi dan Korban merupakan bagian dari konsep perlindungan saksi berbasis komunitas. 

"Perlindungan saksi dan korban berbasis komunitas untuk mendorong adanya pelibatan masyarakat sehingga akan membangkitkan kepedulian dan menggerakkan hati nurani masyarakat kepada korban," ujarnya.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut