get app
inews
Aa Read Next : Jokowi: Produksi Panen Jagung di Sumbawa Meningkat

Inilah 6 Karbohidrat Pengganti Nasi Putih, Cocok Bagi yang Sedang Diet

Minggu, 07 Agustus 2022 | 09:34 WIB
header img
Jagung dan Ubi, salah satu jenis karbohidrat pengganti nasi, cocok bagi yang sedang diet. Foto: sharonpalmer.com

DEPOK, iNewsDepok.id - Mereka yang sedang menjalalani program diet seringkali menghindari asupan nasi. Bila sedang diet bukan berarti tidak boleh mengonsumsi karbohidrat. Karbohidrat tetap harus dikonsumsi, namun dalam bentuk yang lain.

Nasi memang merupakan makanan pokok dan sumber karbohidrat bagi seseorang. Nasi juga merupakan makanan sehat yang kaya akan serat dan protein. Sayangnya, nasi memiliki indeks glikemik yang tinggi yang dapat menyebabkan kadar gula darah melonjak tinggi, terutama pada nasi putih.

Namun, karena tetap harus konsumsi karbohidrat maka mereka yang sedang berdiet bisa mengganti nasi putih dengan asupan sumber karbohidrat lainnya. Selain nasi, ada banyak makanan yang mengandung karbohidrat untuk dikonsumsi sehari-hari.

Karbohidrat merupakan nutrisi yang berfungsi sebagai sumber energi tubuh. Karbohidrat juga dapat ditemui dalam berbagai jenis makanan, seperti buah-buahan, biji-bijian, hingga sayuran. 

Lantas makanan apa saja sebagai pengganti nasi? Berikut penjelasannya, seperti dirangkum pada Minggu (7/8/2022):

  1. Kentang

Kentang sudah dikenal oleh banyak orang sebagai makanan pengganti nasi. Kandungan kentang selain karbohidrat, juga mengandung banyak gizi seperti Vitamin B6, Vitamin C, kalsium, dan magnesium.

Dalam 100 gram kentang mengandung 12,4 gram karbohidrat dan kalori sebesar 58 kkal. Angka ini masih jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan nasi putih yang dapat mencapai 28 gram karbohidrat dengan 129 kkal kalori.

Untuk pengolahannya agar lebih sehat, kentang dapat diolah dengan cara dikukus atau direbus, tanpa tambahan minyak.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut