get app
inews
Aa Read Next : Resmi Dipangkas, Kini Jawa Tengah Menjadi Provinsi di Jawa yang Tidak Memiliki Bandara Internasional

Melly Goeslaw Lakukan Operasi Bariatrik, Manfaatnya Mampu Mengatasi Obesitas

Senin, 18 Juli 2022 | 08:16 WIB
header img
Melly Goeslaw. Foto: Instagram

JAKARTA, iNewsDepok.id - Musisi senior Melly Goeslaw melakukan tindakan operasi bariatrik, pada Minggu (17/7/2022). Penyanyi dan juga pencipta lagu ini menyampaikan hal tersebut dalam unggahan terbarunya di Instagram kemarin.

Di Indonesia, operasi bariatrik ini kurang popular di masyarakat awam. Memang bila melansir website P2PTM, metode ini masih sangat jarang dipakai di Indonesia.

Sementara di negara tetangga Filipina, bariatric and metabolic surgery sudah diperkenalkan sejak 8 tahun lalu. Bahkan, saat ini bedah bariatrik sudah sangat popular dan dilakukan untuk melawan obesitas.

Aahli bedah invasif minimal dan laparoskopik lanjutan di St. Luke's Medical Center, Filipina, Dr. Jonathan D. Adora, M.D mengungkapkan bedah bariatrik pertama kali dilakukan di St. Luke's Medical Center untuk pasien dengan indeks massa tubuh (IMT) lebih dari 50.

Lantas apa itu operasi bariatrik seperti yang dilakukan Melly Goeslaw?

Melansir dari Mayoclinic, bypass lambung dan operasi penurunan berat badan dikenal secara kolektif sebagai operasi bariatrik. Bedah yang melibatkan perubahan pada sistem pencernaan, untuk membantu menurunkan berat badan.

Operasi bariatrik dilakukan ketika diet dan olahraga tidak berhasil atau ketika memiliki masalah kesehatan yang serius karena berat badan.

Saat ini operasi bariatrik menjadi salah satu cara paling umum yang dilakukan orang dengan obesitas. Seseorang disebut sebagai obesitas jika indeks massa tubuhnya (IMT) lebih dari 30 dan jika IMT-nya ini lebih dari 40, orang tersebut dianggap mengalami obesitas berat.

Secara umum, bedah bariatrik memberikan manfaat untuk menurunkan berat badan. Meski tidak didapatkan secara instan, tetapi harus melakukan diet sehat dan rajin berolahraga.

Mayoclinic menjelaskan operasi bariatrik dapat menawarkan banyak manfaat. Semua bentuk operasi penurunan berat badan adalah prosedur dapat menimbulkan risiko dan efek samping yang serius.

“Juga, harus membuat perubahan sehat permanen pada diet dan berolahraga secara teratur, memastikan keberhasilan operasi bariatrik jangka panjang," ungkap Mayoclinic, dikutip Senin (18/7/2022).

Sementara berdasarkan Medicalnewstoday, terdapat tiga prosedur operasi bariatrik utama yang banyak digunakan, yakni bypass lambung, pita lambung dan gastrektomi lengan.

Operasi ini mengacu pada serangkaian prosedur penurunan berat badan yang bisa dilakukan oleh individu dengan obesitas untuk mengurangi asupan makanan sehari-hari, sehingga nanti akhirnya inilah yang memicu terjadinya penurunan berat badan.

Sebelumnya, penyanyi sekaligus penulis lagu 48 tahun itu membagikan momen persiapannya sebelum melakukan operasi bariatrik.  

"Bismillah aku mau membagikan momen bahagiaku, salah satu langkah besar di hidupku, yang ternyata sangat menyenangkan. Aku melakukan Bariatric," tulis istri musisi Anto Hoed ini.

Dalam keterangannya, Melly berjanji akan membagikan hasil dari operasi bariatrik yang dijalaninya. Perempuan berusia 48 tahun ini berharap pengalamannya ini bisa menjadi pembelajaran untuk orang-orang yang ingin menurunkan berat badan.

"Dr Peter bikin aku jadi super excited melakukan Bariatric. Gak sabar deh aku pengen share hasilnya," ucap Melly.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut