get app
inews
Aa Read Next : Sejarah Tinju Hari Ini: Duel Floyd Mayweather Jr dan Conor McGregor pada 26 Agustus 2017

50 Duel Tinju Tak Kalah, FMJ Berlindung Seperti Kura-Kura dan Taktik Secerdas Kancil

Minggu, 17 Juli 2022 | 11:37 WIB
header img
Floyd Mayweather Jr (FMJ) tercatat sebagai salah satu petinju terbaik di dunia berkat rekornya 50-0-0 alias 50 kali duel tanpa kalah. Foto: The Sun/SindoNews.

Kecerdikan FMJ itu membuatnya dijuluki Pretty Boy terutama pada awal-awal karirnya. Ini karena mukanya terlihat mulus di akhir pertandingan. Sedikit pertandingan yang membuat FMJ babak belur dengan muka berdarah-darah adalah saat bertarung dengan Jose Luis Castillo jilid 1 tanggal 20 April 2002 di kelas Ringan. Bahkan banyak yang menyebut seharusnya FMJ kalah angka, bukan justru menang.

Selincah Secerdik Kancil dan Julukan The Runner

FMJ memiliki kamus anti kalah. Maka apapun harus dilakukannya agar tak kalah. Salah satu jurus ampuhnya adalah jurus kancil. FMJ bisa meloncat ke belakang dan samping kanan kiri bagai kancil. Dengan cara tersebut, lawan akan kesulitan memasukkan pukulannya.

BACA JUGA: 

Tinju Dunia: Tank Davis Ledakan Rolly Romero di Ronde 6

Cara FMJ ini banyak dikritik penggemar tinju. Ini karena akan berkurang momen paling menegangkan dalam ring tinju yang ditunggu-tunggu penggemar yaitu baku cabut pukulan. 

Jika sekali dua kali dilakukan tak masalah, tetapi jika lebih banyak run (lari) dibandingkan hit (pukul) membuat tontonan menjadi anti klimaks. Maka tak heran banyak yang menjuluki FMJ sebagai The Runner.

Selain persoalan lari, hal yang diadosi FMJ dari kancil adalah kecerdikannya. Dalam banyak kasus FMJ lolos berkat kecerdikannya atau banyak yang sebut sebagai kelicikan.

BACA JUGA:

Tank Davis Iseng Kerjai Rolly, Bikin Ngakak di Acara Timbang Badan Tinju Dunia

Itu terlihat saat FMJ bentrok dengan Shane Mosley pada 1 Mei 2010. Pada ronde awal, FMJ sempat goyah dihantam hook Mosley. Mengetahui itu, Mosley memburu FMJ. Dasar cerdik, FMJ mendekap tangan kanan Mosley erat-erat sehingga ia bisa lolos dari momen kritis.

Saat melawan Victor Ortiz 17 September 2011, FMJ dinilai kurang sportif dengan cara memukul lawannya saat Ortiz belum siap.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut