Satgas Saber Pungli dan Ombudsman Puji Layanan Keimigrasian Minim Laporan Pungli

Tama
Sekretaris Satgas Saber Pungli RI Irjen Pol Andry Wibowo. Foto: Ist

BEKASI, iNewsDepok.id -  Kantor Imigrasi Kelas 1 Non TPI Bekasi menggelar Penguatan Internalisasi Pelayanan Publik pada Selasa (20/08/ 2024). Langkah tersebut diapresiasi oleh Ombudsman dan Satgas Saber Pungli.

Kegiatan yang berlangsung di ruang serbaguna kantor Imigrasi Kelas 1 non TPI Bekasi ini menghadirkan Sekretaris Satgas Saber Pungli RI Irjen Pol Andry Wibowo sebagai narasumber. Staf Ahli Ideologi dan Konstitusi Kemenko Polhukam RI ini menyebut layanan keimigrasian termasuk yang paling rendah pungli berdasarkan laporan masyarakat. 

"Dari aduan yang ada berbasis statistik yang ada sementara waktu imigrasi termasuk salah satu kantor yang laporan aduannya rendah, sangat rendah. Kita kan ada dua basis ya, basis online report dan kemudian basis pelayanan publik yang langsung datang ke posko-posko pengaduan nah dari dua statistik ini ya imigrasi termasuk salah satu kantor yang memliki catatan pelaporan pengaduan yang relatif sangat kecil, kalo kita lihat dari sejumlah varian layanan imigrasi di seluruh Indonesia," jelas Andry Wibowo, Selasa (20/8/2024).

Menurut Andry kepuasan pada pelayanan publik yang baik merupakan bentuk konsistensi perbaikan sistem yang terus dilakukan di berbagai sektor pelayanan publik termasuk pada layanan keimigrasian. 

"Tadi secara random dan spontan kita lakukan interviu terhadap customer imigrasi dan dari random tersebut mereka umumnya menyatakan puas terhadap pelayanan. Artinya perbaikan yang dilakukan secara kontinyu, tersistem, terstruktur, terevaluasi secara baik menghasilkan kemudian pelayanan publik dalam sektor imigrasi yang juga lebih baik dari masa lalu dan ini secara spontan disampaikan oleh masyarakat," tambahnya.

Editor : M Mahfud

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network