9 Penyebab Wajah Gatal, Kenali Apa yang Diungkapkan Tubuh tentang Kondisi Kesehatan

Kartika
Simak penjelasan mengenai 9 penyebab wajah gatal. Foto ilustrasi: Garnier
  1. Luka akibat pisau cukur

Menurut Klinik Cleveland, jika wajah terasa gatal sehabis bercukur mungkin mengalami luka akibat pisau cukur, sejenis iritasi kulit yang terlihat seperti ruam kulit berjerawat.  

Penyebab umum luka akibat pisang cukur, termasuk pencukuran kering, mencukur terlalu cepat, menggunakan pisau cukur yang tumpul atau mencukur perlawanan dengan arah tumbuhnya rambut. Umumnya dialami oleh mereka yang kulitnya sensitif atau berjerawat.

Untuk mengatasi rasa gatal sehabis bercukur di rumah, oleskan washlap dingin, lidah buaya atau pelembab lembut ke area yang gatal.

Untuk mencegah luka akibat pisau cukur, sebaiknya tidak terburu-buru, mencukur ke arah tumbuhnya rambut, menggunakan sabun dan air atau gel cukur yang melembabkan. Juga sering mengganti silet dan menyimpannya di tempat kering.

  1. Mengalami eksim

Eksim merupakan suatu kondisi peradangan yang menyebabkan kulit kering, bersisik atau gatal, yang menyerang bagian tubuh mana saja, termasuk wajah. Ditandai dengan munculnya bercak kulit merah muda yang kering.

AmericanCollege of Allergy, Asthma, and Immunology (ACAAI), pemicu eksim di antaranya sabun atau deterjen yang keras, produk perawatan pribadi beraroma, cuaca dingin atau kering, dan paparan alergen musiman.

Segera berobat ke dokter bila mengalami eksim. Sebaiknya hindari pemicunya dan mengoleskan pelembab atau krim secara teratur untuk menjaga agar kulit tetap terhidrasi. Beberapa kasus diresepkan obat topikal atau oral yang lebih kuat untuk mengatasi gejala.

  1. Dermatitis seboroik

Dermatitis seboroik adalah kondisi kulit umum yang ditandai dengan ruam bersisik berminyak pada kulit kepala atau wajah, yang dapat menyebabkan kemerahan, pengelupasan seperti ketombe dan gatal. Ruam sering muncul di area alis dan janggut.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network