21 Negara Dari The Asian Productivity Organization Belajar Pertanian ke Indonesia

Tama
Lebih dari 21 negara tergabung dalam The Asian Productivity Organization (APO) belajar dari kesuksesan petani milenial Indonesia. Foto: Ist

38 delegasi yang mengikuti studi observasi  berasal dari 21 negara anggota APO seperti Bangladesh, Kamboja, China, Fiji, Hong Kong, India,  Iran, Jepang, Korea Selatan, Laos, Malaysia, Mongol, Nepal, Pakistan, Filipina, Singapura, Sri Lanka, Thailand, Turki, Vietnam dan Indonesia.

Dedi Nursyamsi mengungkapkan telah banyak petani millenial yang lahir menjadi pengusaha sukses.

"Ciri-ciri wirausahawan pertanian muda adalah menerapkan mekanisasi pertanian, pertanian cerdas, fasilitas dan teknologi modern, kegiatan bisnis, dan ilmu pertanian. Sebagian besar dari mereka mengembangkan kerja sama dan kemitraan antara pengusaha dan produsen di wilayah dan lokasi yang luas,” tambah Dedi, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (11/7/2023).

Salah satu sosok petani milenial sukses adalah Kadek Surya Prasetya Wiguna. Ia telah mengembangkan merek Cau Cokelat organik di Kabupaten Tabanan, Bali, menjadi lokasi pertama yang dikunjungi.

Cau Cokelat memberikan pembelajaran akan pengembangan kakao organik dari sejak penanaman hingga proses keberagaman produk hingga merek, pemasaran hingga penjualan yang dibuat langsung di area penanaman cokelat.

Pendapatan Cau Cokelat mencapai 1 Juta Dollar atau sekitar Rp15 miliar per tahunnya. Kadek Surya mengelola lebih dari 100 petani dan 170 karyawan yang sebagian adalah petani muda.

Editor : M Mahfud

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network