Waspada! Ini 5 Penyakit yang Sering Dialami Pemudik, Simak Cara Mencegahnya

Asthesia Dhea/Kartika
Patut diwaspadai, inilah 5 penyakit yang sering dialami pemudik saat menempuh perjalanan panjang menuju kampung halaman untuk berhari raya. Foto ilustrasi: Freepik
  1. Mabuk Perjalanan

Perjalanan mudik seringkali membuat energi terkuras dengan cepat. Hal ini dapat menjadi pemicu kelelahan hingga pegal-pegal.

Saat daya tahan tubuh menurun, tubuh akan lebih mudah mengalami mabuk perjalanan atau motion sickness. Gejalanya pusing, mual, dan muntah selama perjalanan.

Kondisi tersebut juga dapat dipengaruhi oleh sinyal yang dikirim ke otak oleh mata dan telinga bagian dalam. Saat berada di dalam kendaraan yang sedang melaju, tubuh berada dalam posisi diam di tempat.

  1. Gangguan Pencernaan

Orang yang sedang mudik juga seringkali alami masalah pencernaan lainnya seperti sembelit. Ini bisa terjadi akibat banyak hal, namun umumnya terlalu lama duduk.

Meski demikian, tak jarang pemudik juga membatasi asupan makan atau minum supaya tidak bolak-balik ke toilet. Akibatnya, mengalami sembelit dan mengeluhkan rasa tidak nyaman sepanjang perjalanan.

Untuk mengatasinya sebisa mungkin banyak minum air putih dan mengonsumsi makanan tinggi serat. Cara ini dapat membantu melunakkan feses yang mengeras akibat sembelit.

  1. Diare

Diare menjadi salah satu masalah kesehatan saat mudik yang kerap terjadi. Penyebabnya karena sembarangan membeli makanan saat di perjalanan.

Karena itu, sebelum membeli sebaiknya melihat situasi apakah makanan tersebut terjaga kebersihannya. Selain itu, bisa memilih membeli makanan di supermarket atau membawa dari rumah.

Itulah 5 penyakit yang sering dialami pemudik saat dalam perjalanan jauh menuju kampung halaman.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network