Ditinggal Rian Mahendra, PO Haryanto Kembali Belanja Bus Baru Unit Medium Dengan Sasis Mercy OF 917

Tama
Karoseri Adiputro merilis unit baru untuk PO Haryanto. Foto: Istimewa

DEPOK, iNewsDepok.id - Setelah beberapa bulan ditinggal Rian Mahendra, Perusahaan Otobus (PO) Haryanto merilis lima armada bus baru yang dikerjakan karoseri Adiputro. Lima bus PO asal Kudus itu menggunakan sasis premium Mercedes-Benz OF 917 (Mercy) bermesin depan.

Sesuai kodenya Mercy OF 917, bus medium ini mengusung mesin depan, dilihat dari kode OF yang artinya 'Omni Frontmotor'.

Selain menggendong mesin di depan, Mercedes-Benz OF 917 juga belum menggunakan suspensi udara atau air suspension. Sasis ini masih memakai suspensi per daun tipe parabolic yang dilengkapi stabilizer.

Dalam unggahan di akun resmi Karoseri Adiputro Wirasejati pada Kamis (2/2/2023), karoseri asal Malang, Jawa Timur ini mengusung bodi Jetbus3+ MD Double Glass, dengan desain yang futuristik dan selendang khas Jetbus Voyager atau yang sering disebut para pecinta bus sebagai selendang geprek. Sementara untuk kaca depannya menganut konsep kaca tumpuk/ganda atau double glass.

Bagi sebagian busmania penggunaan kaca ganda ini memang terkesan gagah. Namun visibilitas penumpang dikorbankan alias pandangan ke depan bagi penumpang menjadi terbatas.

PO Haryanto masih mempertahankan livery khasnya. Bus yang dirilis keluar dari markas karoseri tampak masing-masing. Dari lima bus memadukan warna dasar hitam dan ada juga yang putih, dengan garis lain ada yang berwarna hijau, ungu, biru, krem dan oranye. Gambar Menara Kudus dan tokoh wayang di bagian bodi samping dan belakang juga masih dipertahankan sebagai ciri khas.

Belum diketahui pasti bus ini akan dipakai untuk rute mana. Kemungkinan besar bus ini akan dipakai PO Haryanto untuk rute patas atau Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP).

Bicara sasis, Mercy OF 917 ini diluncurkan untuk memenuhi kebutuhan akan bus medium yang terus meningkat pada tahun 2019 di Busworld South East Asia, JIEXPO Kemayoran di Jakarta. Sasis ini dinilai mungkin untuk menggantikan unit-unit OF 1113 yang juga mengusung sasis pendek atau short chassis, agar transportasi di Tanah Air lebih berkesan modern.


Karoseri Adiputro rilis bus medium dari PO Haryanto. Foto: Instagram/adiputro_official

Sasis medium bus terbaru ini merupakan hasil kolaborasi Mercedes Benz dan pabrikan asal Jepang yaitu Mitsubishi. Menggunakan fitur khas Mercedes Benz dan mesin 4D34i buatan Mitsubishi. Sasis Mercedes-Benz OF 917 juga ditawarkan dalam 2 varian sasis, yaitu 4250 yang dapat memuat 29 penumpang, dan 5300 yang dapat memuat 39 penumpang.

OF 917 memiliki mesin bertenaga tinggi yang cukup irit bahan bakar, kapasitas penumpang yang banyak, sistem elektrik, dan lain-lain.

Spesifikasi OF 917:

- Mesin 4D34i Euro 3, bertenaga 170hp dan menghasilkan torsi 540nm, 4 silinder segaris diesel 3.900cc, drive-by-wire ECU system.

- Suspensi parabolic spring, GVW 9 ton.

- Jenis sasis ladder frame, posisi mesin Omnibus Front/mesin depan.


PO Haryanto menggunakan sasis Mercedes-Benz OF 917. Foto: Instagram/adiputro_official

- Transmisi manual 6 percepatan/matic 6 percepatan, top speed 110km/h.

- Dimensi lebar 2,2 meter, panjang 8,606 meter/7,447 meter, wheelbase 5300/4250 meter

- Tangki solar 200 liter.

Kapasitas tangki dari OF 917 ini adalah 200 liter. Kurang lebih sama dengan kompetitor-kompetitornya, yang menggunakan tangki 200 liter juga. Jika perbandingan konsumsi BBM dari Mercy OF 917 adalah 1:4-1:6, maka bus ini bisa menempuh 800-1200 kilometer tanpa harus mengisi solar di SPBU.

Arti dari kode bus ini sama dengan bus-bus Mercedes-Benz lainnya. "OF" artinya 'Omnibus Frontmotor' atau sasis bus dengan posisi mesin di depan. Angka "9" artinya OF 917 memiliki GVW 9 ton, dan angka "17" artinya mesin 4D34i yang tertanam di sasis OF 917 ini memiliki tenaga 170 hp.


Unit baru PO Haryanto. Foto: Instagram/adiputro_official


Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network