Peneliti Fakultas Ilmu Keperawatan UI Beri Layanan Pemeriksaan Kesehatan Gratis

R Ratna Purnama
Mahasiswa UI melakukan pemeriksaan kesehatan pada warga. Foto: Ist

DEPOK,iNewsDepok.id- Peneliti Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI) memberikan layanan pemeriksaan kesehatan gratis pada awarga Desa Gunung Malang, Tenjolaya, Kabupaten Bogor. Kegiatan ini digelar dalam rangka memperingati hari kesehatan nasional.

Pemeriksaan kesehatan ini bertujuan untuk mencegah penyakit tidak menular (PTM). Mulai dari hipertensi, diabetes, penyakit kanker, stroke, jantung dan ginjal kronis yang merupakan silent killer.

Dalam kegiatan ini, FIK UI dibantu oleh puskesmas Tenjolaya dan bekerjasama dengan PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) Indonesia melalui program Corporate Social Responsibility (CSR). Selain itu diberikan juga bantuan alat kesehatan untuk semua posbindu di daerah tersebut.

“Alat - alat kesehatan berupa timbangan, pengukuran tinggi badan, alat ukur gula darah, asam urat dan kolesterol, termometer yang diharapkan dapat menjadi penunjang dalam melakukan pemeriksaan rutin kepada masyarakat sehingga dapat mencegah peningkatan PTM,” kata dosen FIK UI sekaligus ketua pelaksana pengabdian masyarakat UI, Indah Permata, Sabtu (24/12/2022).

Sebelum kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis kepada masyarakat, terlebih dahulu dilaksanakan pelatihan kader kesehatan untuk pelaksanaan Posbindu. Kegiatan tersebut diharapkan dengan kesiapan SDM melalui kader dan kesiapan sarana prasarana, kegiatan Posbindu dapat berjalan secara teratur sebagai skrining dalam rangka pencegahan penyakit tidak menular.

“Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah meningkatkan awareness masyarakat untuk pencegahan PTM melalui kegiatan Posbindu. Kami berharap bantuan alat-alat Posbindu dan pelatihan kader ini dapat menjadi semangat baru untuk kader dan masyarakat Desa Gunung Malang, Tenjolaya untuk melaksanakan Posbindu secara berkala,” ujarnya.

Editor : Rinna Ratna Purnama

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network