Mahasiswa Magister Keperawatan UI Pamerkan 27 Prototype di Depok

R Ratna Purnama
Mahasiswa Magister Keperawatan FIK UI gelar Prototype Exhibition 2022. Foto: R Ratna Purnama

DEPOK,iNewsDepok.id- Mahasiwa magister Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI) 2022 menggelar pameran prototype. Tema yang diusung kali ini adalah Inspiring Nurse in 5.0 Digital Era. Dalam pameran ini ada 27 prototype dari hasil penelitian mahasiswa.

“Mahasiswa Magister Ilmu Keperawatan FIK UI mengadakan pameran prototype yang merupakan tugas dari mata kuliah Sistem Informasi Manajemen (SIM). Hari ini ada 27 kelompok yang menampilkan prototypenya. Mulai dari Kepemimpinan dan Manajemen, Keperawatan Medikal Bedah, Komunitas, Onkologi, Keperawatan Jiwa, Anak, Maternitas,” kata ketua panitia, Ibadi Indra, Selasa (20/12/2022).

Dalam pameran kali ini, ada beberapa prototype terbaru. Antara lain aplikasi khusus Posyandu remaja untuk memudahkan kader memudahkan pencatatan. Kemudian juga aplikasi untuk pengukuran luka untuk memantau pasien yang mengalami luka kronis.

“Ada juga aplikasi edukasi untuk ibu yang memiliki bayi prematur dan aplikasi rumah singgah untuk pasien yang berasal dari luar daerah. Bukan sekedar rumah singgah biasa tapi ada fasilitas tambahan untuk pasien,” kata koordinator Mata Ajar SIM, La Ode Abd. Rahman

Di tempat yang sama, analis kebijakan ahli muda Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Anang Suryana menambahkan, perkembangan sistem informasi dan manajemen yang semakin pesat menjadikan perawat harus berkontribusi memberikan ide dan menciptakan teknologi. Di era 5.0 ini sangat berdampak terhadap beberapa prinsip manajemen sistem keperawatan.

“Dalam mendukung implementasi teknologi dan informasi di bidang keperawatan, peran universitas sangat penting. Pameran yang digelar FIK UI ini, saya mendorong kepada pemimpin rumah sakit untuk memanfaatkan hasil karya rancangan sistem informasi keperawatan ini agar bisa diimplementasikan di rumah saki masing-masing,” katanya.

“Tujuannya untuk mendukung pelaksanaan pelayanan asuhan keperawatan yang efektif dan efisien sesuai dengan standar keselamatan pasien yang baik,” tutupnya.

Editor : Rinna Ratna Purnama

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network