Tim Pengabdi FIK UI Edukasi Pencegahan Penyakit Tidak Menular bagi Warga

R Ratna Purnama
Tim pengabdi FIK UI berikan edukasi warga di Tenjolaya. Foto: Ist

DEPOK,iNewsDepok.id- Tim Pengabdian Masyarakat (Pemgmas) Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI) memberikan edukasi mengenai penguatan peran keluarga di Desa Gunung Malang, Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor. Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kesadaran dan dukungan keluarga untuk mencegah penyakit tidak menular (PTM) di masyarakat.

Kegiatan ini mendapat bantuan dari

Ketua tim pengmas, Utami Rachmawati mengatakan, Direktorat Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat UI, serta PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) melalui program CSR.  Kegiatan pengabdian ini diawali dengan diskusi mengenai kebutuhan dan masalah kesehatan yang umumnya terjadi di dalam masyarakat. Kemudian juga dilakukan pelatihan kader posbindu, dan kunjungan keluarga berisiko terhadap PTM.

“Rangkaian kegiatan meliputi skrining masalah kesehatan di masyarakat Desa Gunung Malang, untuk selanjutnya kami melatih kader untuk mengedukasi masyarakat, serta pendampingan keluarga oleh tim FIK UI untuk pencegahan PTM di keluarga,” katanya, Minggu (31/12/2022).

Dosen Departemen Keperawatan Komunitas FIK UI itu menuturkan, keluarga merupakan unit sosial terkecil di masyarakat yang memberikan pengaruh besar terhadap perubahan sosial. Dukungan keluarga menjadi salah satu hal yang berperan dalam mencegah PTM di masyarakat.

“Salah satu bentuk dukungan keluarga adalah dukungan terhadap keaktifan anggota keluarga untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur di pelayanan kesehatan seperti puskesmas dan pos pelayanan terpadu (Posbindu),” ujarnya.

Dengan rutin melakukan pengecekan terhadap kondisi kesehatan dapat mencegah terjadinya PTM. Untuk itu, tim Pengmas UI melakukan kunjungan dari satu keluarga ke keluarga di Desa Gunung Malang. Warga diberi edukasi dan dilakukan intervensi keperawatan untuk pencegahan PTM.

“Pendampingan keluarga ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa PTM dapat dicegah sejak dini dan dimulai sejak dari lingkungan rumah. Hal ini merupakan salah satu asuhan keperawatan keluarga,” pungkasnya.

 

Editor : Rinna Ratna Purnama

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network