Anggota DPR Farhan Sebut Analog Switch Off Bisa Percepat Koneksi Internet di Indonesia

Musa Sanjaya
Anggota Komisi 1 DPR Muhammad Farhan. Foto: Istimewa

JAKARTA, iNewsDepok.id – Anggota Komisi 1 DPR Muhammad Farhan sebut Analog Switch Off (ASO) bisa percepat koneksi internet di Indonesia. Dengan migrasi ke TV digital maka terdapat efisiensi frekuensi yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan mempercepat koneksi internet.

Hal tersebut disampaikan Farhan saat seminar daring Sosialisasi Analog Switch Off (ASO) yang diselenggarakan Kominfo RI dan DPR RI.

Acara yang berlangsung hari Jumat (25/11/2022) juga digelar Seremoni Penyerahan Set Top Box (STB).

Dalam seminar daring ini, juga tampil 2 narasumber lain yaitu Anggota Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat Mimah Susanti dan Staf Khusus Menkominfo Rosarita Niken Widiastuti.

"Transisi Analog Switch Off atau ASO menuju pemberlakuan TV digital menjadi bentuk pemerataan digitalisasi di seluruh Indonesia. Juga amanat dari Undang-Undang Nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja yang harus dipenuhi mulai 2 November 2022," kata Muhammad Farhan.

Muhammad Farhan menambahkan, dengan migrasi ke digital maka terdapat efisiensi frekuensi yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat. "Ada 30 persen efisiensi yang lebih besar dan ruang frekuensi tersebut dimanfaatkan untuk menambah kecepatan dan kapasitas koneksi internet di Indonesia," imbuhnya.

"Kita sedang menghadapi era digitalitasi. Kita membutuhkan banyak ruang-ruang untuk peningkatan kapasitas ini di seluruh ruang-ruang Indonesia baik secara virtual maupun di ruang fisik dengan membangun pusat data nasional dan lain-lainya. Yang juga penting, transisi dari analog ke digital ini merupakan amanat UU tentang Cipta Kerja yang harus dipenuhi," kata Farhan.

Editor : M Mahfud

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network