Seperti Ini Wajah Baru Taman Mini Indonesia Indah Setelah Renovasi Senilai Rp1,08 Triliun

Iqbal Dwi Purnama
Taman Mini Indonesia Indah (TMII) usai direnovasi. Foto: Dok Kementerian PUPR

JAKARTA, iNewsDepok.id - Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) saat ini telah merampungkan renovasi seluruh sarana dan prasarana di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta.

Kegiatan renovasi TMII dilaksanakan oleh Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) DKI Jakarta Metro dengan total anggaran kurang lebih Rp1,08 triliun.  

Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja mengungkapkan TMII akan dijadikan pusat kegiatan sosial budaya, termasuk rekreasi warga Jakarta dan sekitarnya, seprti Gelora Bung Karno.


TamanMini Indonesia Indah (TMII) setelah renovasi. Foto: Kementerian PUPR

"Kota-kota besar Indonesia membutuhkan banyak ruang terbuka publik seperti TMII dan GBK ini agar kotanya lebih hijau, nyaman dan humanis," ujar Endra, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (2/10/2022).

Adapun ruang lingkup pekerjaan renovasi ini meliputi penataan area gerbang utama, renovasi koridor utama Sasono Utomo, Sasono Langgeng Budoyo, dan Sasono Adiguno dilaksanakan oleh kontraktor PT PP senilai Rp167,4 miliar. Pembangunannya per 15 Oktober 2022 telah selesai 100 persen. 


Taman Mini Indonesia Indah. Foto: KementerianPUPR

Selanjutnya, renovasi Museum Indonesia, penataan lansekap anjungan dan pedestrian, penataan outer ring (halte), area parkir, dan gedung pengelola oleh kontraktor PT Waskita Karya senilai Rp182,9 miliar.

Sementara penataan lansekap pulau-pulau di Danau Archipelego (promenade, pedestrian anjungan, dan amphitheater) oleh PT Brantas Abipraya senilai Rp183,6 miliar.

Renovasi Museum Theater Garuda, Museum Telkom, dan Keong Mas oleh kontraktor PT Nindya Karya senilai Rp100,9 miliar. 

Penataan lansekap pedestrian anjungan, viewing tower, Kaca Benggala, dan pembangunan community center oleh kontraktor PT Adhi Karya senilai Rp70 miliar.

Struktur parkir dengan desain elevated oleh PT Hutama Karya senilai Rp186 miliar.    

Lebih lanjut, Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti mengatakan, penataan kawasan TMII terbagi dalam tiga zona, yakni zona 1, zona 2 dan zona 3.

Zona 1 dengan tema Indonesia Klasik elegan dan geometri. Zona 2 dengan tema Arsitektur Nusantara, Tradisi, dan Budaya Sulur. Sementara zona 3 dengan tema Indonesia Kini Modern. 

"Saat ini tengah dilakukan proses serah terima kelola dari Kementerian PUPR kepada Kementerian Sekretaris Negara,” tutup Diana.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network