2 Gejala Khas Ini Jadi Ciri Anak yang Terkena Gagal Ginjal Akut

Kevi Laras
Tiga zat berbahaya ditemukan pada balita dengan kondisi gagal ginjal akut. (Foto: Alodokter)

DEPOK, iNewsDepok.id - Ada dua gejala khas yang dimiliki anak yang terkena gagal ginjal akut misterius. Yakni oliguria dan anuria.

"Ciri khasnya adanya gangguan buang air kecil pada balita tersebut, mulai dari oliguria dan juga anuria," ungkap Juru Bicara Kemenkes dr. Mohammad Syahril, dalam konferensi pers online Update Gagal Ginjal Akut Indonesia, Kamis (27/10/2022).

Oliguria merupakan penurunan frekuensi buang air kecil, termasuk juga volume urin. Sementara jika anak sama sekali tidak buang air kecil itu disebut sebagai anuria.

"Harus diwaspadai bila biasanya 10 kali buang air kecil, tapi sekarang cuman lima kali atau empat kali. Begitupun banyaknya, biasanya pampersnya basah semua, tapi sekarang kok tidak. ini salah satu tanda-tanda khas dari gagal ginjal akut," katanya.

dr. Syahril juga menjelaskan bila anak sudah semakin sedikit buang air kecil, berarti kondisinya parah.

"Ini berarti stadiumnya sudah 3," ungkapnya. 

Lebih lanjut, dr. Syahril memaparkan data mengenai jumlah pasien gagal ginjal akut misterius pada anak. Sebagian besar dari mereka mengalami anuria.

"Dari data yang ada, ada 143 atau 53 persen itu anuria. Jadi betul-betul tidak keluar air kencing. kemudian yang oliguria itu 22 persen" katanya

Selain gejala khas, masyarakat juga tak boleh meremehkan gejala awal. Biasanya, gejala awal ini ditandai dengan demam, nafsu makan turun, malaise, mual, muntah, ISPA, diare, nyeri bagian perut, dehidrasi, dan pendarahan.

"Diharapkan. kita semua berhati hati terutama di gejala awal ini. Biasanya 1-5 hari gejala diikuti dengan gejala berikutnya karena ini akut dan progresif," ujarnya.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network