Ingin Hidup Menyenangkan? Optimalkan Fungsi 4 Hormon Bahagia dengan Cara Ini

Rohman/Net Depok
Ilustrasi orang-orang yang bahagia. Foto. Newyork.com

6. Mendengarkan atau Menciptakan Musik

Musik dapat meningkatkan lebih dari satu hormon bahagia.

Ketika Anda mendengarkan musik instrumental, terutama musik yang membuat Anda merinding, dapat meningkatkan produksi dopamin di otak Anda

Ketika Anda menikmati musik yang Anda dengarkan, dapat menimbulkan suasana hati yang baik. Perubahan positif dalam suasana hati Anda ini dapat meningkatkan produksi serotonin.

Anda mungkin juga mengalami pelepasan endorfin saat menampilkan musik, terutama dalam kelompok besar. Sebuah studi tahun 2016 menemukan bahwa anggota paduan suara mengalami peningkatan pelepasan endorfin selama latihan.

 

7. Meditasi 

Jika Anda terbiasa dengan meditasi, Anda mungkin sudah mengetahui banyak manfaatnya bagi kesehatan, mulai dari meningkatkan kualitas tidur hingga mengurangi stres.

Hasil penelitian juga menunjukkan kalau meditasi terkait dengan peningkatan produksi dopamin 

 

8. Rencanakan malam yang romantis

Jika Anda tertarik pada seseorang, produksi oksitosin, akan meningkat, tetapi kasih sayang yang ditunjukkan secara fisik, termasuk berciuman, berpelukan, atau berhubungan seks, juga berkontribusi pada produksi oksitosin. Begitupula ketika Anda menghabiskan waktu dengan orang yang Anda sayangi. 

Selain meningkatkan oksitosin, aktivitas itu juga dapat membantu meningkatkan kedekatan dan perasaan hubungan yang positif, membuat Anda merasa bahagia atau bahkan euforia.

Jika Anda benar-benar ingin merasakan hormon bahagia itu, perhatikan bahwa menari dan seks sama-sama memicu pelepasan endorfin, sementara orgasme memicu pelepasan dopamin.

Anda juga dapat berbagi segelas anggur dengan pasangan Anda untuk meningkatkan endorfin tambahan.

Editor : Rohman

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4 5 6

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network