Ingin Hidup Menyenangkan? Optimalkan Fungsi 4 Hormon Bahagia dengan Cara Ini

Rohman/Net Depok
Ilustrasi orang-orang yang bahagia. Foto. Newyork.com

1. Keluar rumah/ruangan 

Aktivitas ini baik untuk meningkatkan kadar serotonin, karena paparan radiasi ultraviolet (UV) dari matahari dapat meningkatkan produksi hormon tersebut.

Anda dapat mencoba menghabiskan sekitar 15 menit di luar rumah beberapa kali dalam seminggu. Cobalah menjelajahi lingkungan atau taman jika Anda bosan dengan pemandangan lama yang sama. 

Yang harus Anda ingat adalah paparan sinar UV juga dapat meningkatkan risiko kanker kulit. Jadi, jangan lup gunakan tabir surya!

 

2. Berolahraga

Aktivitas ini tidak hanya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan fisik, tetapi juga berdampak positif pada kesehatan emosional.

Jika Anda pernah mendengar tentang "runner's high", Anda mungkin sudah tahu tentang hubungan antara olahraga dan pelepasan endorfin.

Namun, olahraga tidak hanya bekerja pada endorfin, karena aktivitas fisik yang teratur juga dapat meningkatkan kadar dopamin dan serotonin, sehingga olahraga dapat menjadi pilihan yang bagus untuk meningkatkan hormon bahagia kita.

 

3. Tertawa 

Pernah dengar pepatah lama; “Tertawa adalah obat terbaik?”

Tentu saja, tertawa tidak akan mengobati masalah kesehatan yang sedang berlangsung, tetapi juga bisa membantu meredakan perasaan cemas atau stres, serta memperbaiki suasana hati yang rendah dengan meningkatkan kadar dopamin dan endorfin.

Menurut sebuah studi kecilpada tahun 2017 yang mengamati 12 pria muda, tawa sosial memicu pelepasan endorfin. ResearchTrusted Source mendukung temuan ini.

Jadi, menonton video-video lucu itu, membaca buku-buku humor, menonton film komedi, bercanda dengan teman atau pasangan, bisa menjadi pilihan.

Editor : Rohman

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4 5 6

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network