Tingkatkan Kesehatan Mental, Isha Foundation Gelar Festival Yoga Akbar di Jakarta

Novi
Festival Yoga Akbar ini adalah kesempatan yang luar biasa untuk belajar yoga dan meditasi, meningkatkan kesehatan mental, dan bersenang-senang bersama keluarga dan teman. Foto: Ilustrasi/Freepik

JAKARTA, iNewsDepok.id – Di tengah hiruk pikuk kehidupan modern yang penuh tekanan, menjaga kesehatan mental menjadi semakin penting. Bertepatan dengan Hari Yoga Internasional 2024, Isha Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang didirikan oleh Sadhguru, yogi dan visioner terkemuka, menyelenggarakan Festival Yoga Akbar di Jakarta.

Festival ini bukan hanya untuk merayakan Hari Yoga Internasional, tetapi juga untuk mengajak masyarakat luas agar lebih peduli terhadap kesehatan mental mereka. Yoga dan meditasi, yang merupakan inti dari festival ini, telah terbukti efektif untuk membantu mengurangi stres, kecemasan, dan meningkatkan keseimbangan emosional.

Hari Yoga Internasional sendiri dideklarasikan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa dan telah konsisten dirayakan setiap tahun pada tanggal 21 Juni sejak 2015. Tahun ini menandai peringatan ke-10 acara global ini.

“Festival Yoga oleh Isha Foundation tahun ini berfokus pada pentingnya kesehatan mental melalui praktik yoga dan meditasi, yang terbukti efektif untuk membantu mengurangi stres dan kecemasan, serta meningkatkan keseimbangan emosional secara keseluruhan. Melalui festival ini kami juga ingin mengajak masyarakat untuk melepaskan penat dan healing bersama,” jelas perwakilan dari Isha Foundation di Indonesia.

Sebagai bagian dari perayaan tersebut, Jakarta menjadi tuan rumah Festival Yoga akbar. Rangkaian acara yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang kesehatan mental melalui sesi yoga dan meditasi gratis diselenggarakan sejak tanggal 16 Juni 2024, dengan puncak acara yang dilaksanakan pada Minggu, 23 Juni 2024 berlokasi di ASHTA District 8, SCBD, Jakarta.

Sesi yoga dan meditasi yang mencakup Hatha Yoga, Meditasi Untuk Pemula, dan Yoga untuk Kesejahteraan, juga turut diramaikan dengan berbagai kegiatan budaya dan rekreasi yang digelar untuk semua kalangan secara gratis.

Dukungan dari Berbagai Pihak

Isha Foundation terus melaksanakan misinya untuk membuat yoga dan meditasi dapat diakses oleh semua orang. Visi Sadhguru melalui Isha Foundation adalah memberikan setiap individu kemampuan untuk meningkatkan kesejahteraan fisik dan mental mereka melalui praktik yoga dan meditasi yang sederhana namun mendalam.

Tujuan acara tersebut selaras dengan pendapat dari Kementerian Pemuda dan Olahraga yang telah mengidentifikasi pentingnya praktik seperti yoga dan meditasi dalam menjaga kesehatan mental masyarakat.

Festival ini pun mendapat dukungan penuh dari berbagai pihak, termasuk Kementerian Pemuda dan Olahraga, pakar kebugaran nasional, dan selebriti Indonesia.

Menpora Dito Ariotedjo mengatakan, “Kesehatan mental adalah aspek yang sangat penting dalam kehidupan modern, terutama bagi masyarakat perkotaan yang menghadapi berbagai tantangan dengan ritme aktivitas yang sangat cepat. Yoga dan meditasi menawarkan solusi yang efektif untuk mengelola stres dan menjaga keseimbangan emosional. Saya sangat mendukung inisiatif ini dan mengajak semua orang untuk berpartisipasi dalam Festival Yoga untuk merasakan manfaatnya secara langsung.”

Pendapat senada diungkapkan oleh pakar kebugaran nasional, Ade Rai yang ditemui di tempat terpisah. Ia mengatakan bahwa, “Festival ini menjadi sebuah peringatan bagi kita betapa cerdas dan canggihnya tubuh manusia ketika kita mampu menciptakan ‘kesenangan’ pada badan, pikiran, emosi, dan life energy, maka kesehatan, ketenangan, kecintaan, dan kegembiraan akan menjadi konsekuensinya. Program-program yang diadakan pada festival ini akan mengarahkan kita pada tujuan tersebut.”

Sejalan dengan pendapat Ade Rai, penggemar yoga yang juga selebriti Indonesia, Anjasmara yang juga ditemui di tempat terpisah, menambahkan, “Saya sangat senang atas digelarnya festival yoga akbar ini. Yoga telah menjadi perjalanan hidup yang mengubah saya, dan saya berharap lebih banyak orang akan merasakan manfaatnya yang mendalam. Yoga dan meditasi tidak hanya dapat membantu saya meregulasi stres dan kecemasan tetapi juga meningkatkan fokus, daya ingat, dan produktivitas.”

Menjelang Hari Yoga Internasional, Isha Foundation juga menawarkan Program Tantangan Yoga 21 Hari khusus yang tersedia secara gratis di aplikasi Sadhguru yang secara khusus dirancang oleh Sadhguru sendiri sebagai yogi terkemuka. Aplikasi ini telah tersedia di Apple App Store dan Google Play Store, dan dilengkapi dengan reward untuk setiap pencapaian yang diraih. Latihan-latihan Yoga dalam program tantangan ini sederhana namun bermanfaat dan mudah diintegrasikan ke dalam kehidupan sehari-hari, sehingga dapat diakses oleh semua orang dari segala usia dan tingkat kebugaran.

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network