Ingin Hidup Menyenangkan? Optimalkan Fungsi 4 Hormon Bahagia dengan Cara Ini

Rohman/Net Depok
Ilustrasi orang-orang yang bahagia. Foto. Newyork.com

APAKAH Anda termasuk orang yang mudah stres, galau dan tidak bahagia?

Banyak faktor yang dapat memengaruhi suasana hati kita, seperti mindset, sifat yang terlalu sensitif, dan sifat egois yang tinggi.

Menurut Healthline, apa yang kita rasakan tersebut juga dipengaruhi oleh hormon, yaitu bahan kimia yang diproduksi oleh kelenjar yang berbeda di seluruh tubuh kita. Hormon itu melakukan perjalanan melalui aliran darah, bertindak sebagai pembawa pesan dan berperan dalam banyak proses tubuh.

Salah satu fungsi penting hormon adalah membantu mengatur suasana hati kita. Bahkan ilmuwan telah menemukan bahwa hormon tertentu berperan membantu meningkatkan perasaan positif, termasuk kebahagiaan dan kesenangan.

“Hormon bahagia” ini meliputi:

1. Dopamin, dikenal juga sebagai hormon "rasa senang". Dopamin adalah neurotransmitter yang merupakan bagian penting dari sistem penghargaan otak kita. Ini terkait dengan sensasi yang menyenangkan, bersama dengan pembelajaran, memori, dan banyak lagi.

2. Serotonin. Hormon ini dan neurotransmitter membantu mengatur suasana hati kita, juga tidur, nafsu makan, pencernaan, kemampuan belajar, dan memori Anda.

3. Oksitosin, sering disebut "hormon cinta". Hormon ini sangat penting untuk melahirkan, menyusui, dan ikatan orangtua-anak yang kuat. Hormon ini juga dapat membantu meningkatkan kepercayaan, empati, dan ikatan dalam hubungan. Pada tingkatan umum, hormon ini dapat meningkatkan kasih sayang yang diperlihatkan secara fisik.

4. Endorfin. Hormon ini adalah pereda nyeri yang dialami tubuh kita, yang diproduksi tubuh kita sebagai respons terhadap stres atau ketidaknyamanan. Hormon ini juga dapat meningkat ketika kita terlibat dalam aktivitas yang menghasilkan hadiah seperti makan, berolahraga, atau berhubungan seks.

Nah, kalau Anda ingin memiliki perasaan yang baik, yang dapat membuat hidup Anda menyenangkan dan membahagiakan, maka yang harus Anda lakukan adalah mengoptimalkan fungsi hormon-hormon bahagia itu.

Bagaimana caranya? Menurut Healthline begini caranya:

Editor : Rohman

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4 5 6

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network