get app
inews
Aa Read Next : Cegah Polarisasi di Tahun Politik, BNPT Ajak Parpol Perkuat Wawasan Kebangsaan Konsituennya

Setelah Belanda, BNPT Lanjutkan Kerja Sama dengan Belgia

Jum'at, 10 Juni 2022 | 22:20 WIB
header img
Kepala BNPT Komjen Pol. Dr. Boy Rafli Amar, MH dan Kepala BNPT Belgia (CUTA) Gert Vercauteren tengah menandatangani MoU penanggulangan terorisme. Penandatanganan MOU berlangsung di Brussels disaksikan Mendagri Belgia Annelies Verlinden, Kamis (9/6/2022).

BRUSSELS, iNews.id– Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menandatangani Nota Kesepahaman Kerjasama (MoU) dengan Coordination Unit for Threat Analysis (CUTA) Belgia di Kantor Kementerian Dalam Negeri Belgia di Brussels, Belgia pada Kamis (9/6/2022).  Sehari sebelumnya BNPT melakukan kerja sama dengan Belanda.

Dalam penandatanganan kerja sama anti terorisme ini, BNPT dipimpin langsung Komjen Pol. Dr. Boy Rafli Amar, MH. Sedangkan Belgia dipimpin Gert Vercauteren, Kepala CUTA (The Coordinator Unit for Threat Analysis of the Kingdom of Belgium (CUTA) on Couter Terrorism.

Penandatanganan Mou disaksikan Annelies Verlinden, Menteri Dalam Negeri Belgia dan Andri Hadi, Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Belgia.

Penandatanganan MoU dilanjutkan pertemuan antara BNPT dan CUTA Belgia. Pertemuan sebagai implementasi pertama dari kerjasama ini.

Kepala BNPT, Komjen Pol. Dr. Boy Rafli Amar, MH, menegaskan pentingnya kerja sama dengan Belgia. Pasalnya terorisme bersifat lintas negara yang dinamis. Kerja sama lintas negara menjadi penting terkait isu Pejuang Teroris Asing, sarana untuk penuntutan, rehabilitasi, dan reintegrasi.

"Lanskap terorisme yang terus berubah menuntut negara-negara untuk berkoordinasi dan berkolaborasi dengan lebih baik, sebagai sarana untuk tanggapan yang efektif.  Untuk itu, saya yakin MoU ini menjadi salah satu sarana untuk menjawab tantangan tersebut," kata Kepala BNPT Boy Rafli

Boy Rafli mengungkapkan sejumlah poin dalam kesepakatan kerja sama penanggulangan terorisme Indonesia Belgia. Poin kerja sama antara lain tukar menukar informasi, analisis strategis dan juga berbagi pengalaman praktik-praktik terbaik yang telah dilakukan kedua negara. 

“Disepakati juga agenda pertemuan di tingkat pakar dan pejabat tinggi,” cetus Boy Rafli.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut