get app
inews
Aa Read Next : Akibat Gadget dan Bullying, 2 Remaja di Jember Tidak Mengenali Orang Tuanya

Kementan Tetapkan 6 Daerah Alami Wabah PMK

Rabu, 11 Mei 2022 | 19:31 WIB
header img
Mentan Syahrul Yasin Limpo. Foto: Sindonews

JAKARTA iNewsDepok.id - Kementerian Pertanian  (Kementan) menetapkan enam daerah dilanda wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak. 

Keenam daerah itu adalah Aceh Tamiang dan Aceh Timur di Provinsi Aceh, dan di Gresik, Sidoarjo, Lamongan, serta Mojokerto di Jawa Timur.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, untuk menghentikan penyebaran penyakit yang disebabkan oleh virus tersebut, pemerintah akan membagikan vaksin yang dibuat sendiri oleh Indonesia yang dinamakan Vaksin Nasional.

"Kita sepakat dengan para gubernur, khususnya Gubernur Jawa Timur dan para bupati, vaksin yang kita pakai adalah vaksin nasional," ujar Syahrul dalam update Penanganan PMK pada Hewan Ternak, Rabu (11/5/2022).

Namun, kata Syahrul, karena Vaksin Nasional masih dalam proses, sementara vaksin yang diimpor belum tiba, pemerintah membagikan obat ke Provinsi Aceh dan Jawa Timur, sementara provinsi lainn akan diberikan vitamin dan antibiotik yang akan disuntikkan ke ternak untuk meningkatkan imunitas hewan.

"Intinya, yang terkena (PMK) harus diberikan obat yang ada, tetapi yang tidak kena juga harus dinaikkan imunnya," jelas Syahrul.

Saat ini pemerintah telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) di tingkat nasional, provinsi, dan kabupaten untuk menangani wabah PMK. 

Pemerintah juga akan memberikan pelatihan bagi tenaga medis yang akan merawat hewan yang terjangkit PMK.

 

Editor : Rohman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut