get app
inews
Aa Read Next : Kabar Gembira!!! Harga Beras di Depok Akhirnya Turun Juga

Dua Pasar Tradisional di Depok Raih Predikat SNI

Kamis, 28 April 2022 | 15:06 WIB
header img
Wali Kota Depok, Mohammad Idris menyerahkan Sertifikat SNI 8152:2021 kepada Kepala UPTD Pasar Sukatani dan Tugu pada Kamis (28/4/2022). Foto: Diskominfo

DEPOK, iNewsDepok.id - Dua pasar tradisional di Kota Depok meraih predikat Pasar Standar Nasional Indonesia (SNI), yakni Pasar Sukatani dan Pasar Tugu.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Depok, Zamrowi mengatakan Sertifikasi SNI 8152:2021 Pasar Rakyat diterima dari Badan Standarisasi Nasional (BSN) dan Lembaga Sertifikasi produk (IGS) sebagai bukti bahwa pasar telah menerapkan SNI Pasar Rakyat secara konsisten.

BACA JUGA:

Menteri, Gubernur hingga Penyanyi Raisa Beri Ucapan pada HUT Kota Depok ke-23

"Alhamdulillah, dua pasar kembali berlabel SNI, artinya kini sudah tiga Pasar SNI di Kota Depok yaitu Pasar Sukatani, Tugu, dan Cisalak," papar Zamrowi, Kamis (28/4/2022).

Sertifikasi SNI ini berlaku selama lima tahun dan akan dievaluasi setiap 18 bulan sekali oleh tim survailance.

Menurut Zamrowi, SNI 8152:2021 Pasar Sukatani dan Tugu disusun dengan tujuan pedoman dalam membangun, mengelola dan memberdayakan komunitas pasar rakyat.

BACA JUGA:

Teliti Saat Membeli Makanan Berbuka, Dinkes Depok Temukan Jajanan Takjil Mengandung Formalin

Persyaratan umumnya antara lain dokumen legalitas dan persyaratan kebersihan serta kesehatan.

Kemudian, persyaratan teknis ada 44 indikator sesuai tipe pasar, yakni zonasi pasar, persyaratan disabilitas, prosedur keselamatan dari bencana selain kebakaran, dan persyaratan digitalisasi pasar.

Selanjutnya, persyaratan pengelolaan terdiri dari empat Standarisasi Operasional Prosedur (SOP), yaitu manajemen pengelolaan dan pengembangan SDM, pengelolaan serta pemeliharaan sarana dan prasarana. 

Berikutnya, pemantauan mutu dan keamanan komoditas pasar, serta perbaikan pengelolaan berkelanjutan.

BACA JUGA:

LPM, RT, RW, Posyandu dan Posbindu di Cipayung Dapat Dana Insentif dari Pemkot Depok

"Pemkot Depok akan terus mendorong semua pasar tradisional di Kota Depok berlabel SNI, dan menata pasar agar lebih nyaman," papar Zamrowi.

Sebagai informasi, Wali Kota Depok, Mohammad Idris telah melakukan penyerahan sertifikat SNI secara langsung kepada Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) masing-masing pasar saat Puncak Acara Hari Jadi Ke-23 Kota Depok, kemarin (27/4/22).

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut