get app
inews
Aa Read Next : UPTD Metrologi Legal Depok Miliki Ide Bentuk Kecamatan Tertib Ukur

Pemkot Depok Komitmen Jaga Keamanan Pangan

Senin, 23 Oktober 2023 | 12:32 WIB
header img
Wali Kota Depok, Mohammad Idris saat menyerahkan piagam penghargaan Juara I Kota Pangan Aman dari Badan POM di Halaman Balai Kota. Foto: Diskominfo Depok.

DEPOK, iNewsDepok.id - Pemerintah (Pemkot) Depok akan terus berupaya menjaga keamanan pangan. Terlebih, Kota Depok baru saja meraih penghargaan Juara I Kota Pangan Aman dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

"Ini ikhtiar kita dengan perangkat daerah sesuai arahan pak wali dan pak wakil wali kota, bahwa pasar tradisional, restoran, catering, termasuk kantin-kantin itu menjadi titik yang dimonitor kesehatannya. Penyajian makanan dan bahan pangannya semua dilihat," tutur Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Supian Suri usai menerima piagam penghargaan Juara I Kota Pangan Aman di Halaman Balai Kota Depok, Senin (23/10/2023).

Dikatakan Supian Suri yang juga menjabat sebagai Ketua Satgas Pangan Aman Kota Depok, aman pangan artinya pangan yang disediakan di wilayah Kota Depok dijamin keamanannya. Baik dari sisi kesehatan maupun kehalalannya.

"Salah satunya daging. Rata-rata daging yang dijualbelikan di Depok dari Rumah Potong Hewan (RPH) yang kita siapkan," ungkapnya.

"Kemudian, dari sisi pertanian juga demikian. Semua perangkat daerah kita rutin mengecek terhadap keamanannya, termasuk izin restoran dan kehalalannya," lanjutnya.

Sementara itu, jika masyarakat menemukan makanan yang terindikasi tidak aman tapi diperjualbelikan, dapat melaporkan kepada pihaknya. Pihaknya akan memberikan edukasi kepada pedagang yang menjualnya.

"Tapi yang pokok-pokok seperti kantin kita di sini (area Balai Kota), di pasar-pasar yang sudah kita fasilitasi, resto-resto yang sudah berizin dan taat bayar pajak, semuanya sudah teredukasi dan sudah diperiksa oleh pemerintah pusat sebagai tempat yang aman dari sisi pangan dan halalnya," tutupnya.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut