get app
inews
Aa Read Next : Farabi El Fouz Puncaki Daftar 10 Besar Caleg DPRD Jabar Terbanyak Dicoblos Warga Depok

Pesona Batik Khas Depok yang Dipamerkan di Cibubur Junction

Kamis, 31 Maret 2022 | 07:08 WIB
header img
Ketua Dekranasda Kota Depok Elly Farida mengunjungi salah satu stand batik tulis khas Depok pada pameran dan bazar yang digelar Disporyata Kota Depok di Cibubur Junction, Rabu (30/3/2022). Foto: Diskominfo

DEPOK, iNewsDepok.id - Batik khas Depok dipamerkan di Atrium Cafe Lobby Utama Mall Cibubur Junction pada 30-31 Maret 2022. Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporyata) Kota Depok memboyong sekitar 15 perajin dan desainer batik, serta pengusaha handycraft untuk memperkenalkan produk kerajinannya.

Kepala Disporyata Kota Depok, Dadan Rustandi mengatakan, pihaknya terus berupaya agar batik khas Depok semakin dikenal khalayak luas. Batik yang dipamerkan mulai dari kain batik  corak ikonik Depok hingga busana batik siap pakai yang dipamerkan melalui peragaan busana. 

BACA JUGA:

Yuk Kunjungi Taman Sehat Tematik di Kolong Fly Over ARH, Ini Fasilitasnya

Menurut Dadan, batik khas Depok punya history tersendiri. Batik khas Depok dengan corak ikonik sejarah Depok seperti motif Gong Si Bolong, Tugu Batu Sawangan, Tari Topeng Cisalak Depok, Belimbing Dewa, Ikan Manfish, Kotaku Depok dan batik khas Depok lainnya.

“Menjadi tupoksi kami untuk terus mengenalkan produk hasil kebudayaan yang ada di Kota Depok,” ucapnya.

Sementara Kepala Bidang Kebudayaan dan Pengembangan Kepariwisataan Disporyata Kota Depok Tatik Wijayati mengatakan pameran ini bertema Sapta Pesona. Dalam kegiatan ini, Disporyata juga memperkenalkan berbagai produk wisata dari berbagai unsur. 

“Temanya pesona batik kami menampilkan peragaan busana batik khas Depok dibalut dengan hiburan serta paparan tentang batik dari Ketua Dekranasda Bunda Elly Farida. Kami juga menampilkan foto setra video pariwisata Depok selama dua hari ini,” paparnya. 

Tak hanya memperkenalkan, Tatik mengatakan Disporyata pun menyiapkan belasan stan sebagai tempat pameran para pelaku ekonomi kreatif khususnya batik Depok untuk membantu mempromosikan produk mereka. 

“Tujuan memang untuk memperkenalkan, promosi agar makin eksis batik Depok ini. Lebih bagus lagi kalau banyak yang membeli tentu ini baik sekali bagi para pelaku ekonomi kreatif atau ekraf. Kebetulan juga mendekati momen Ramadan 2022,” paparnya.

BACA JUGA:

Program Pengembangan UMKM yang Dilakukan Pemkot Depok

Upaya Disporyata memperkenalkan batik khas Depok kepada masyarakat melalui pameran dan bazaar ini mendapatkan apreasiasi dari Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Depok Elly Farida.  

“Ini bagus sekali ya Perangkat Daerah (PD) sudah mulai merapat bersama-sama mengangkat kerajinan khas Depok untuk semakin diperkenalkan. Bersama kami di Dekranasda berkolaborasi membuat batik Depok eksis terus dengan corak-corak terbarunya,” kata Bunda Elly, saat menghadiri pameran dan bazaar khas Depok tersebut, Rabu (30/3/2022).

 

Menurut Bunda Elly, kegiatan yang digagas Disporyata Depok juga dikemas cukup baik. Terdapat stand berjualan para pengrajin batik, desainer batik serta stand kerajinan tangan asal Depok. 

“Kolaborasi bagus sekali karena Disporyata adalah promotor sebenarnya dari kerajinan Depok. Jika saya sendiri kan hanya sebatas promosi saja, sekarang lebih bagus karena PD turut merapat biasanya ada Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Depok dari sisi pelatihan,” jelasnya. 

Menurut Bunda Elly, produk kerajinan khas Depok seperti batik kian hari semakin baik dari segi kualitas dan corak. Hal itu membuktikan para pengrajin semakin berinovasi dalam mengembangkannya. 

“Tadi ada peragaan busana juga sangat eye catching dipadupadankan dengan kebaya. Motifnya ada Belimbing dan Gong Si Bolong sangat bagus,” ungkapnya. 

Bunda Elly pun mengaku tahu betul perkembangan batik khas Depok. Dengan kegiatan seperti ini juga dapat menggiatkan ekonomi para perajin, terlebih di momen mendekati Ramadan. 

“Saya ingin perajin semakin semangat membuat batik, dengan begitu para desainer juga bisa melihat peluang itu untuk membuat pakaian dari batik Depok,” tambahnya.

Pemerintah Kota telah turut melestarikan batik Depok dengan penetapan pemakaian batik di hari tertentu oleh para Aparatur Sipil Negara (ASN)-nya, karena itu Bunda Elly mengajak warga Depok untuk tahu dan mengenakan batik Depok. 

“Jangan ngaku orang Depok kalau tidak pakai produk Depok. Batik khas Depok ini bukan sekadar batik, tapi memiliki nilai khasanah sejarah yang memiliki kisah. Batik Depok ada di Dekranasda dan juga pengrajin yang ada di Kota Depok,” pungkasnya.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut