get app
inews
Aa Read Next : 24 Napi Terorisme Kembali ke Pangkuan Ibu Pertiwi, Jalani Ikrar Setia NKRI di Lapas Sentul

Deradikalisasi Berbasis Kesejahteraan, BNPT Resmikan KTN di Malang

Kamis, 24 Maret 2022 | 22:54 WIB
header img
Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar saat peluncuran Kawasan Terpadu Nusantara di Turen, Malang, Kamis, 24/3/2022. Program berbasis kesejahteraan ini ditujukan untuk deradikalisasi (Foto: Ist)

MALANG, iNews.id- Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komjen Pol Boy Rafli Amar memimpin peluncuran Kawasan Terpadu Nusantara (KTN) di Kecamatan Turen, Kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur, Kamis (24/3). KTN Turen merupakan wilayah KTN pertama yang diresmikan BNPT bekerja sama dengan unsur lainnya 

KTN merupakan salah satu bentuk pendekatan lunak yang mengedepankan aspek kesejahteraan dengan memberikan fasilitas kepada mitra deradikalisasi, penyintas dan masyarakat untuk mengembangkan produktivitas ekonomi. Kawasan ini dijadikan sarana reintegrasi sosial bagi mitra deradikalisasi agar memiliki kemandirian ekonomi. 

Dalam jangka panjang, KTN diharapkan mampu mencegah radikalisme dan terorisme melalui transformasi mindset. 

"Kawasan Terpadu Nusantara (KTN) merupakan upaya penanggulangan terorisme berbasis kesejahteraan. Kolaborasi dan sinergi diperlukan sebagai bentuk negara hadir dalam upaya penanggulangan terorisme," kata Kepala BNPT. 

Di dalam wilayah KTN, upaya deradikalisasi berbasis kesejahteraan juga akan dihidupkan dengan kegiatan dialogis penanaman nilai-nilai kebangsaan dengan konsep Wadah Akur Rukun Usaha Nurani Gelorakan NKRI (Warung NKRI). 

"Indonesia punya 4 pilar kebangsaan yang sudah di warisi leluhur kita. Harus kita lestarikan dan jaga bersama. Kita jaga dengan cara kolaborasi," jelasnya. 

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut