get app
inews
Aa Read Next : Persiapkan Hari Pangan Sedunia, Mentan: Jangan Sampai Krisis Pangan Singgah di Indonesia

Kementan Incar Kapuas Jadi Lumbung Pangan Nasional

Senin, 07 Oktober 2024 | 00:03 WIB
header img
Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman. Foto: MNC Media

“Tentu saja kita juga sangat berharap bahwa mulai di masa sekolah, baik itu di SMK, baik itu di pendidikan tinggi sudah mengenal dekat dengan pertanian sehingga pada saat lulus nantinya ini siap untuk menjadi qualified job dan job creator yang tentu saja harapannya menjadi penerus dari pertanian di Indonesia," ujar Idha.

Idha juga menerangkan bahwa kebijakan MBKM menunjukkan komitmen pemerintah untuk mendorong keterlibatan generasi muda di sektor pertanian melalui berbagai program pengembangan keterampilan, akses permodalan, dan peningkatan daya saing. Hal ini sejalan dengan upaya untuk menarik minat dan membangun kapasitas SDM pertanian yang lebih muda dan terampil.

Dijelaskan oleh Kepala SMK-PP Negeri Banjarbaru, Budi Santoso, narasumber kali ini mengundang orang-orang yang berperan dalam mendukung pertanian modern di Dadahup. Diantaranya Mikael G, (Ketua Tim penyuluhan konsultan UPI Food Estate, Balai Wilayah Sungai Kalimantan II), kemudian Kumbara (Mahasiswa MSIB Politani Payakumbuh), dan Nabila Sekar Zulkiarti (Alumni Polbangtan Malang, Co.Pendamping dan Mentor MSIB).

Mengawali materi, Mikael G dari Balai Wilayah Sungai Kalimantan II menekankan, selain melakukan kegiatan pertanian, minimal mahasiswa akan mendapatkan ilmu tentang irigasi rawa yang ada di wilayah tersebut. Seperti irigasi yang baik untuk pertanian, yang berbeda dengan di Jawa, agar bisa sama-sama menyukseskan program lumbung pangan nasional.

Mikael menambahkan, Balai Wilayah Sungai Kalimantan II sangat mendukung pelaksanaan MSIB-MBKM serta adanya pertanian modern di Dadahup. Selain itu, mereka akan bahu membahu untuk mendukung Dadahup menjadi salah satu lumbung pangan nasional.

Materi kedua, dari Nabila Sekar Zulkiarti mengisahkan perannya sebagai mentor dalam bidang agribisnis yang membimbing 10 mahasiswa adalah sebuah tantangan. Sebab, di Dadahup ia bersama timnya juga sama-sama belajar, dalam menghadapi suatu tantangan di lahan rawa.

Plt Kepala Pusat Pendidikan, Kementan, Inneke Kusumawaty mengharapkan adanya alumni dan mahasiswa ini akan bisa menumbuhkan potensi-potensi anak muda menjadi petani. "Maka kita akan bisa menumbuhkan Poktan-Poktan petani muda yang akan lebih cepat menyerap teknologi dan meningkat produksinya dengan teknologi modern," kata Inneke.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut