get app
inews
Aa Read Next : Dari Tarling hingga Ronda Malam, Serka Suprihatin Babinsa Depok yang Selalu Ada di Tengah Masyarakat

Mengenal BKR, Pernah Berganti Nama Menjadi TKR, TRI, ABRI Hingga TNI

Sabtu, 05 Oktober 2024 | 14:15 WIB
header img
Pemerintah RI resmi mengangkat Kolonel Soedirman sebagai Panglima Besar TKR pada 18 Desember 1945. Foto: dok. Okezone

Pada 12 November 1945, Letnan Jenderal Oerip Sumohardjo mengadakan Konferensi TKR di Yogyakarta, yang menghasilkan keputusan untuk mengangkat Kolonel Soedirman sebagai Pimpinan Tertinggi TKR. Pemerintah RI resmi mengangkat Kolonel Soedirman sebagai Panglima Besar TKR pada 18 Desember 1945.

Pemerintah mengeluarkan Penetapan Pemerintah No.2/SD 1946 untuk mengganti nama TKR menjadi Tentara Keselamatan Rakyat pada 7 Januari 1946. Penetapan itu bertujuan untuk memperluas fungsi tentara dalam mempertahankan kemerdekaan dan menjaga keamanan rakyat.

Kemudian, melalui Penetapan Pemerintah No.4/SD Tahun 1946, Tentara Keselamatan Rakyat berubah nama menjadi Tentara Republik Indonesia (TRI).

Proses penyempurnaan organisasi tentara terus berlangsung. Untuk menghindari kerancuan antara TRI dan badan perjuangan lainnya, pada 15 Mei 1947, Presiden Soekarno mengeluarkan penetapan tentang penyatuan TRI dengan laskar perjuangan dalam satu organisasi tentara.

Akhirnya pada 3 Juni 1947, Presiden Soekarno meresmikan penyatuan TRI dan laskar perjuangan menjadi Tentara Nasional Indonesia (TNI). Panglima Besar Angkatan Perang Jenderal Soedirman diangkat sebagai Kepala Pucuk Pimpinan TNI.

Dalam perjalanannya, TNI juga pernah berganti menjadi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI). Dari tahun 1959 hingga 2000 yang merupakan lembaga angkatan bersenjata yang terdiri atas Gabungan dari organisasi TNI dan Organisasi POLRI. ABRI dipimpin oleh seorang Panglima ABRI (Pangab) yang membawahi empat matra yaitu Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara, dan Angkatan Kepolisian.

Itulah ringkasan mengenai sejarah HUT TNI 5 Oktober yang penting untuk dipahami. Perjalanan panjang TNI dari BKR hingga menjadi organisasi militer nasional yang kita kenal saat ini mencerminkan komitmen mempertahankan kemerdekaan dan menjaga kedaulatan Indonesia.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut