get app
inews
Aa Read Next : 3 Warga Citayam Berbahagia Dapat Kalung Rosario, Permen dan Bersalaman dengan Paus Fransiskus

Enggan Gunakan Jet Pribadi, Kunjungan Paus Fransiskus Jadi Tamparan Untuk Pejabat Indonesia

Selasa, 03 September 2024 | 14:57 WIB
header img
Foto: dok iNews TV

Setibanya di Jakarta, Paus Fransiskus tak memakai mobil mewah sebagai kendaraan selama melakukan perjalanan apolistik di Indonesia pada 3-6 September 2024. Dia hanya menggunakan Toyota Innova Zenix.

Karena kunjungan rutin Paus ke luar Italia menjadi kegiatan rutin, Vatikan biasanya menyewa pesawat untuk perjalanan Paus. Tugas terhormat ini dulunya berada di bawah naungan maskapai penerbangan nasional Italia yang lama, Alitalia. Namun selepas bangkrutnya Alitalia, penyedia perjalanan udara Paus dipindahkan ke ITA Airways . 

Melansir laman Vatican News, selain rombongan resmi Vatikan, biasanya ada kelompok pers di dalam pesawat yang mendampingi perjalanan Paus. Ukuran pesawat akan bergantung pada lamanya perjalanan. Untuk rute jarak pendek dan menengah, pesawat yang dipilih biasanya adalah jenis Airbus A320 atau A321.

Begitu pula, misi yang lebih jauh menggunakan A330 atau Boeing 777 (meskipun ITA telah menghentikan jenis pesawat yang terakhir dan menggantinya dengan A350).

Sementara itu untuk kunjungan terakhir Paus ke Indonesia hari ini, menggunakan pesawat Airbus A330neo milik ITA.

Pesawat yang digunakan Paus pun bukanlah pesawat dengan layanan sewa rutin.

Meskipun pesawat tidak memiliki tanda panggilan khusus, saat Paus berada di dalamnya, penerbangan ITA Airways tetap menggunakan nomor penerbangan AZ4000. Saat terbang ke AS beberapa tahun lalu, beberapa orang menyebut pesawat itu sebagai "​​​​​Shepherd One".

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut