get app
inews
Aa Read Next : Mudik Lebaran 2024, PT KAI Catat 1,7 Juta Tiket Ludes Terjual ​​​​​​​

Imbas Kebakaran Manggarai: Warga Mengungsi di Stasiun, Kereta Sempat Diungsikan

Selasa, 13 Agustus 2024 | 13:13 WIB
header img
Sejumlah korban kebakaran Manggarai mengungsi sementara di area Stasiun Manggarai. Foto: MNC Portal Indonesia/Ari Sandita

JAKARTA, iNewsDepok.id - Kebakaran hebat melanda permukiman padat penduduk di Jalan DR Saharjo I, Tebet, Jakarta Selatan pada Selasa (13/8/2024) dini hari. Akibat kejadian tersebut, sejumlah warga yang kehilangan tempat tinggalnya dan terpaksa harus mengungsi di sekitar Stasiun Manggarai.

Dari pengamatan MNC Portal Indonesia, di sekitar sisi sebelah barat Stasiun Manggarai, tepatnya jalur pemberangkatan KRL Bandara Soetta, nampak puluhan warga mengungsi di pelataran stasiun. Sejumlah barang bawaan yang mudah dibawa dengan tas ataupun koper pun tampak diletakkan warga di sisi tempat mereka duduk.

Sementara, sejumlah orang tua dan anak-anak pengungsi terlihat duduk di pelataran stasiun. Mereka menantikan kebakaran yang melanda rumahnya padam, dan memastikan tempat tinggal mereka aman sebelum mereka kembali ke rumah.

Mobil pemadam kebakaran sendiri masih tampak berada di lokasi untuk melakukan pendinginan dan penyisiran api yang membakar rumah di area RW 06, Manggarai tersebut. Api berhasil dipadamkan sejak sekira pukul 07.00 WIB oleh petugas pemadam kebakaran.

Hanya saja, asap masih tampak sedikit mengepul dan bisa terlihat dari Jalan Sultan Agung, tepat sekitar Pasaraya Manggarai. Selain mengungsi sementara di area stasiun, tak sedikit warga yang duduk-duduk di jalanan menuju perumahan warga di Jalan DR Saharjo I.

Kapolsek Tebet, Kompol Murodih mengatakan, tidak ada korban jiwa imbas kebakaran tersebut.

“Belum ada informasi ya dari warga yang menjadi korban kebakaran baik itu meninggal maupun korban luka. Namun tetap kita upayakan kita update terus bahwa nanti akan kita laporkan hasil akhir berapa jumlah korban baik rumah maupun orang ya Warga yang ada di sekitar,” ujar Murodih, Selasa (13/8/2024).

Dugaan sementara kebakaran tersebut karena korsleting listrik di salah satu rumah warga.

“Terjadinya kebakaran diawali dengan adanya laporan bahwa pada pukul 02.00 WIB di wilayah Manggarai khususnya di RT 02, RW 06 yang mana kejadian itu diawali oleh adanya korsleting listrik. Kemudian dengan kejadian ini rekan-rekan kita dari pemadam kebakaran berupaya untuk mendekati dan memadamkan,” ujar Murodih.

Imbas dari kebakaran itu, VP Public Relations KAI, Joni Martinus memastikan seluruh perjalanan commuter line yang melalui Stasiun Manggarai sesuai jadwal. Saat kebakaran terjadi, kata dia, pihaknya melakukan antisipasi dengan mengeluarkan Commuter Line dari Depo Overhaul Manggarai.

"Atas kejadian ini semua Commuter Line Basoetta dikeluarkan dari Depo Overhaul Manggarai tadi pagi. Sebagai antisipasi apabila api menyebar sampai ke area depo kami," katanya.

"Pengaturan keluar dan masuk pengguna saat ini kami arahan lewat pintu timur Stasiun Manggarai. Untuk pintu barat stasiun petugas kami tetap berjaga agar tetap tertib oleh pengungsi sehingga tidak menutup akses pengguna yang akan keluar-masuk melalui pintu tersebut," kata Joni.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut