get app
inews
Aa Read Next : PBNU Lantik Pengurus NU Depok 2024-2029: Diminta Jaga Agama, Negara, dan Umat

Marak Daycare Bermasalah, Pakar Hukum: Perketat Pengawasan dan Jamin Keselamatan Anak

Selasa, 13 Agustus 2024 | 13:05 WIB
header img
Praktisi Hukum Prof Dr Henry Indraguna. Foto: iNews/Tama

Pemilik tempat penitipan anak mestinya bertanggung jawab penuh terhadap keamanan dan keselamatan anak. Namun dirinya justru menjadi pelaku tindak kekerasan kepada anak. 

Pemilik tempat pengasuhan di Kota Pekanbaru, Riau, berinisial WF dan Westen School di Depok, MI, sudah ditetapkan sebagai tersangka kasus penganiayaan anak.

Kasus ini hanyalah bagai puncak gunung es, yang bisa jadi banyak yang belum terlaporkan kepada pihak yang berwajib. Praktisi hukum Prof Henry Indraguna geram dan prihatin melihat kasus-kasus yang terjadi di daycare yang telah memakan korban anak. 

Dalam pandangannya, adanya kasus itu menunjukkan belum adanya kehadiran negara lebih jauh dalam menangani kasus-kasus seperti itu. 

"Negara harusnya hadir lebih awal sebelum terjadinya suatu tindakan pidana yang memakan korban. Apalagi korbannya adalah anak-anak. Organ negara selalu terlambat memitigasi, apalagi mengantisipasi terjadinya tindak kekerasan kepada anak-anak," ujar Prof Henry, Selasa (13/8/2024). 

Negara, kata Prof Henry harus memberikan sanksi tegas sebagai efek jera agar kasus-kasus serupa tidak terulang lagi. Kekerasan terhadap anak harus menjadi perhatian ekstra pemerintah. 

"Jangan lagi memakan korban anak. Jangan sampai anak-anak yang tidak berdosa jadi korban pengelola, pemilik, dan pengasuh daycare," ujarnya.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut