get app
inews
Aa Read Next : Beradegan Intim Dalam Film Suami Yang Lain, Begini Penjelasan Acha Septriasa

Wisata Indonesia Semakin Menarik di Mata Dunia, Agoda Jangkau Setiap Penjuru Nusantara

Rabu, 07 Agustus 2024 | 13:55 WIB
header img
Ki-ka: Nattavadee Tangpanichdee (Global PR Manager Agoda) dan Gede Gunawan (Senior Country Director Agoda Indonesia). Foto: Novi

“Ada beberapa alasan kenapa para responden ikut program ECO Deals ini. Mereka jika bepergian ke satu daerah, bisa berpartisipasi menyelamatkan lingkungan dimana mereka menginap dan bepergian. 80 persen tertarik dengan insentif dan diskon dalam paket berkelanjutan. 20 persen pilih melanjutkan dengan paket sustainability. 12 persen tertarik untuk edukasi misal ada pelatihan untuk cara membuang sampah yang benar,” jelas Gede.

Dikatakan Gede, Agoda yang bermarkas di Singapura saat ini telah memiliki 7000 karyawan di 25 negara dengan 98 kebangsaan. Tak hanya itu, ada 34-38 bahasa di platform Agoda sehingga bisa diunduh dengan bahasa lokal.

“Paket khusus Wonderful Indonesia, ada 6.000 hotel Indonesia yang ikut berpartisipasi. Mulai dari yang kecil hingga besar, bintang 1 hingga 5, home, dan termasuk rekanan di desa wisata,” jelas Gede.

“Khusus untuk Indonesia, kita menjembatani bahkan untuk pemilik satu kamar, dua kamar pun, kita bantu. Termasuk tempat yang terpelosok dari Sabang sampai Merauke,” tandas Gede.

Tak hanya menjadi destinasi wisata yang semakin populer, data Agoda juga menunjukkan peningkatan jumlah pencarian wisata yang berasal dari dalam negeri, dengan kenaikan 20% untuk pencarian wisata domestik dan 13% lebih banyak pencarian untuk wisata ke luar negeri.

Peningkatan pencarian perjalanan secara menyeluruh (across-the-board) telah mendorong kinerja Indonesia yang kuat di berbagai peringkat pencarian di Agoda. Pada paruh pertama tahun 2024, Indonesia menjadi salah satu dari lima negara asal teratas Agoda, berdasarkan jumlah pencarian akomodasi.

Pencarian penerbangan dari Indonesia juga meningkat, menjadikannya negara asal terbesar kedua pada bulan Juni. Dari semua pencarian yang dilakukan di Agoda, wisatawan Indonesia paling sering menggunakan perangkat mobile. Tren ini mencerminkan pergeseran berkelanjutan di Indonesia menuju perencanaan perjalanan yang mengutamakan perangkat mobile.

Survei yang dilakukan di platform Agoda mengungkapkan bahwa perjalanan petualangan merupakan motivasi terbesar bagi wisatawan Indonesia. Sebanyak 42% responden menjadikan hal ini sebagai alasan untuk bepergian. Diikuti perjalanan untuk kebugaran (wellness) sebanyak 35%, lalu berkumpul bersama keluarga dan teman (33%) yang masuk dalam tiga besar.

Agoda baru-baru ini meluncurkan brand campaign terbaru di Indonesia yang dibintangi oleh Anya Geraldine. Berjudul 'Liburan Tenang, Dompet Senang', video yang baru saja diluncurkan ini berfokus pada liburan dengan harga terjangkau, sehingga memudahkan orang untuk lebih sering bepergian di Indonesia dan sekitarnya. Kampanye ini dapat disaksikan di saluran TV dan digital di seluruh Indonesia.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut