get app
inews
Aa Read Next : Dukung IMMACo di Kabupaten Kapuas, Kementan Siapkan Generasi Milenial Pertanian

Bukan Hanya Bertani, Petani Diharapkan Mampu Berperan Jadi 'Job Creator'

Sabtu, 20 Juli 2024 | 11:06 WIB
header img
Peningkatan kapasitas bagi Local Champion ini diikuti oleh penerima manfaat dari Program YESS yang berasal dari 4 Kabupaten di Provinsi Kalimantan Selatan. Foto: ist

BANJARBARU, iNewsDepok.id - Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman menyampaikan bahwa pertanian merupakan salah satu sektor yang akan selalu menjadi andalan bagi perekonomian Indonesia. Hal ini tentunya perlu dukungan dari SDM pertanian yang memiliki potensi besar yang berasal dari usia produktif.

Maka dari itu Kementerian Pertanian (Kementan) bersama International Fund for Agricultural Development (IFAD) menciptakan pekerja dan wirausaha milenial tangguh dan berkualitas melalui program Youth Enterpreneurship and Employment Support Services (YESS) dalam jangka waktu 2019-2025.

Melalui program YESS diharapkan akan terwujud regenerasi pertanian, meningkatnya kompetensi sumberdaya manusia dari perdesaan, meningkatnya jumlah wirausaha muda di bidang pertanian. Sehingga pertanian akan menjadi lapangan kerja menarik, prospektif dan menguntungkan, dan dapat berdampak pada penurunan angka pengangguran serta terjadinya urbanisasi.

Program YESS sendiri salah satunya dilaksanakan oleh Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian Pembangunan Negeri (SMK-PPN) Banjarbaru selaku Provincial Project Implementation Unit (PPIU) Kalimantan Selatan. SMK-PP Negeri Banjarbaru terus meningkatkan Kewirausahaan dan Ketenagakerjaan bagi Pemuda di Sektor Pertanian khususnya di Kalimantan Selatan.

Sebagai PPIU, SMK-PP Negeri Banjarbaru kali ini menggelar “Peningkatan Kapasitas bagi Local Champion” yang merupakan kegiatan dari Program YESS Kalimantan Selatan Tahun 2024 untuk menumbuhkan petani muda sukses yang bisa menjadi percontohan bagi petani muda lainnya.

Peningkatan kapasitas bagi Local Champion ini diikuti oleh penerima manfaat dari Program YESS yang berasal dari empat Kabupaten di Provinsi Kalimantan Selatan. Kegiatan ini dilaksanakan selama empat hari terhitung sejak Rabu, (17/07/2024) sampai Sabtu, (20/07/2024).

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut