get app
inews
Aa Read Next : Spanyol Raih Emas Olimpiade Paris 2024 Usai Kalahkan Perancis

Ekonomi Global Bergejolak, Jokowi Optimis Stabilitas Ekonomi dan Politik Indonesia

Senin, 08 Juli 2024 | 12:41 WIB
header img
Presiden Joko Widodo. Foto Instagram @jokowi

JAKARTA, iNews Depok.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan rasa syukurnya atas pertumbuhan ekonomi Indonesia yang tetap berada pada level yang cukup baik, meskipun kondisi perekonomian global sedang menghadapi berbagai tantangan.

Dalam pernyataannya, Jokowi juga menekankan bahwa situasi politik di Indonesia sangat stabil.

"Alhamdulillah ini patut kita syukuri, ekonomi dan politik Indonesia sangat stabil. Ekonomi tetap tumbuh di atas 5 persen. Kita tahu di kuartal I-2024, tumbuh 5,11 persen," kata Jokowi di JCC Senayan, Jakarta Pusat, Senin (8/7).

Stabilitas ini patut diapresiasi mengingat dalam beberapa tahun terakhir, dunia menghadapi gejolak geopolitik yang signifikan. Selain itu, perang dagang yang semakin memanas dan isu perubahan iklim juga turut memberikan tekanan pada perekonomian global.

Jokowi menjelaskan bahwa kondisi ekonomi yang baik ini salah satunya disebabkan oleh inflasi yang tetap terkendali. Hal ini merupakan hasil dari koordinasi rutin antara Bank Indonesia dan Kementerian Dalam Negeri dengan para kepala daerah setiap hari Senin untuk memantau dan mengendalikan inflasi di tingkat daerah.

Meskipun demikian, Presiden mengingatkan bahwa untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi, Indonesia harus mampu bersaing dengan negara-negara lain. Ia menekankan pentingnya memanfaatkan setiap peluang, sekecil apapun, untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

"Kita tidak boleh terbelenggu pada rumusan prosedur yang berorientasi pada proses. Kita harus lebih berani untuk lebih fokus kepada hasil," ujarnya..

Pernyataan Presiden Jokowi mencerminkan optimisme terhadap ketahanan ekonomi dan stabilitas politik Indonesia di tengah ketidakpastian global. Namun, pesan beliau juga menggarisbawahi pentingnya kesiapan dan adaptasi berkelanjutan untuk menghadapi tantangan yang terus berubah di kancah internasional.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut