get app
inews
Aa Read Next : Relawan Prabowo Mania 08 Depok Dukung Dedi Mulyadi jadi Calon Gubernur Jabar

Jangan Tergiur Harga Murah! Ini Tips Memilih Bus Pariwisata Yang Aman

Senin, 13 Mei 2024 | 10:59 WIB
header img
Ilustrasi bus pariwisata. Foto: iNews Depok/Tama

DEPOK, iNewsDepok.id - Kecelakaan yang melibatkan bus pariwisata Trans Putera Fajar di kawasan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Diduga rem bus blong yang membuat kendaraan besar yang mengangkut rombongan SMK Lingga Kencana Depok terguling dan menghantam kendaraan lainnya.

Akibat kecelakaan tersebut dilaporkan 11 orang meninggal dunia dan puluhan siswa harus dilarikan ke rumah sakit. Sebagian siswa SMK Lingga Kencana Depok juga dipulangkan ke Depok, Jawa Barat, karena tidak mengalami luka serius.

Melansir aplikasi Mitra Darat, bus tercatat tidak memiliki izin angkutan dan status lulus uji berkala telah kedaluwarsa sejak 6 Desember 2023. Hal tersebut membuktikan bahwa bus pariwisata tersebut tidak dilengkapi surat-surat yang berlaku dan menyalahi perizinan.

Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Pusat Djoko Setijowarno mengatakan, ada sejumlah cara yang dapat dilakukan untuk memilih bus pariwisata yang tepat.

Djoko juga mengimbau masyarakat untuk memastikan pengemudi memahami kondisi jalur yang akan ditempuh. Penyewa disarankan meminta dua pengemudi, meski perjalanan wisata hanya sehari.

“Jangan tergiur tawaran tarif sewa yang murah, namun keselamatan tidak terjamin. Bisa berangkat dan bisa pulang,” kata Djoko, seperti dilansir IDXChannel, Minggu (12/5/2024).

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut