get app
inews
Aa Read Next : Begini Cara DLHK Kota Depok Memerangi Peredaran Sampah Plastik!!!

Tukar Kemasan Bekas Kosmetik dan Dapat Poin, ERHA Luncurkan Mesin Daur Ulang Pertama di Indonesia

Senin, 22 April 2024 | 22:56 WIB
header img
ERHA luncurkan Cosmetic Reverse Vending Machine di Mall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan pada Hari Bumi Sedunia, Senin, 22 April 2024. Foto: Novi

JAKARTA, iNewsDepok.id - Keren banget, nih! ERHA Group, klinik kecantikan ternama, pada Senin, 22 April 2024 yang bertepatan dengan Hari Bumi Sedunia, meluncurkan mesin daur ulang kosmetik pertama di Indonesia. 

Mempermudah konsumen berpartisipasi dalam mengurangi sampah plastik kosmetik merek apa pun, dengan melakukan pengembalian kemasan kosmetik bekas pakai secara praktis dan bermanfaat di Cosmetic Reverse Vending Machine yang saat ini bisa ditemukan di Mall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan.

Dalam sambutannya, Andreas Bayu Aji, Corporate Affairs Director Arya Noble Group (ERHA Group) mengatakan, tak hanya seremoni, di momen peringatan Hari Bumi ini, mereka ingin mengajak masyarakat untuk mulai mengubah kebiasaan dalam mengelola sampah.

"Mari bersama-sama kita jaga kelestarian dan kehijauan lingkungan kita. Selain menyediakan alat yang menarik, kita juga ajak semua merek produk kosmetik untuk mengolah sampah kemasannya. Kita ajak masyarakat untuk ubah pola pikir dan perilaku dalam memperlakukan sampah plastik dan bekas skincare. Bawa kemasan kosmetik bekas pakai merek apa pun ke Cosmetic Reverse Vending Machine di Mall Kota Kasablanka dan dapatkan reward points yang bisa digunakan untuk berbelanja produk ERHA," ajak Aji. 


Andreas Bayu Aji, Corporate Affairs Director Arya Noble Group. Foto: Novi

 

Mesin yang menggunakan teknologi AI (Artificial Intelligence) tersebut bisa mengenali berbagai bentuk kemasan kosmetik yang dikembalikan. Jumlah kemasan kosmetik bekas pakai yang dikembalikan, akan dikonversi menjadi reward points yang bisa digunakan untuk berbelanja di erhastoredotcodotid.

Seluruh kemasan kosmetik bekas pakai yang terkumpul, akan didaur ulang oleh Plasticpay yang bekerjasama dengan mitra UMKM binaan, menjadi barang-barang bermanfaat seperti tas dan lain sebagainya.

"Sampah plastik menjadi masalah, tapi sebenarnya akibat dari perilaku masyarakat. Oleh karena itu, kami bersama ERHA dan Mall Kota Kasablanka ingin melakukan gerakan perubahan perilaku masyarakat untuk bertanggung jawab terhadap sampahnya masing-masing. Beruntung saat ini berdasarkan berbagai survei, kaum milenial sudah sangat care terhadap produsen yang bertanggung jawab dan mereka mudah diajak untuk berperilaku responsible consumption (konsumsi yang bertanggung jawab)," ujar ⁠Suhendra Setiadi, CEO Plasticpay.

"Perlu kolaborasi demi bumi untuk anak cucu. Kami sediakan fasilitas bagi masyarakat untuk lakukan pemisahan dan mentransformasi botol-botol kosmetik menjadi reward points. ERHA ini luar biasa karena bisa juga untuk produk kosmetik merek lain. Tak hanya ditampung, sampah juga di-recycle bekerja sama dengan UMKM binaan menjadi produk tas yang 100 persen botol plastik. Bisa terus dikembangkan dengan industri kreatif Indonesia menjadi produk-produk lainnya," tambah Suhendra. 

Kolaborasi ERHA, Plasticpay, dan Mall Kota Kasablanka ini sangat diapresiasi oleh Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta yang juga turut hadir.

"Tantangannya adalah, bagaimana cara kita untuk mengurangi permasalahan sampah plastik. Tak hanya slogan, sampahku tanggung jawabku dan sampahmu tanggung jawabmu semoga bisa menjadi mindset di masyarakat," dukung Sarjoko, Wakil Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta.

"Di Mall Kota Kasablanka sendiri, kami sudah meniadakan plastik. Para tenant di sini sudah kami larang menggunakan plastik. Semoga bisa menjadi contoh untuk tenant di mall-mall lainnya," aku Lusiana, General Manager Mall Kota Kasablanka.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut