get app
inews
Aa Read Next : Karang Taruna dan Genre Kecamatan Bojongsari Kolaborasi Buka Bersama dan Berbagi Takjil kepada Warga

Gelar Workshop, Prodia Ajak Masyarakat Manfaatkan Momentum Ramadan untuk Jaga Kesehatan Pencernaan

Kamis, 28 Maret 2024 | 11:05 WIB
header img
PT Prodia Widyahusada Tbk (Prodia) mengadakan media workshop dengan tema “Minding Gut Health with The Benefit of Ramadan Fasting”. Foto: Novi

Melengkapi apa yang telah disampaikan Indriyanti, pada sesi workshop berlangsung, dr. Stevent Sumantri menyampaikan, “Sistem pencernaan manusia merupakan susunan organ yang kompleks untuk memecah zat makanan yang dapat diserap oleh tubuh. Dalam prosesnya, sistem pencernaan melibatkan kerja dari sekumpulan bakteri yang disebut mikrobiota di usus yang dikenal sebagai gut microbiota yang berperan dalam sintesis vitamin, perlindungan terhadap zat asing, dan berperan dalam regulasi sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, keseimbangan mikrobiota usus harus tetap terjaga dalam rangka mencapai kesehatan yang optimal.” 

Beberapa masalah pada sistem pencernaan dapat terjadi mulai dari gangguan ringan hingga tingkat serius. Misalnya, dispepsia, gastroenteritis, Irritable Bowel Syndrome (IBS), peradangan usus, GERD, kanker, dan sebagainya. Adanya masalah atau gangguan pada sistem pencernaan akan berdampak juga pada kesehatan tubuh dan kesehatan mental. 

“Gangguan pencernaan ini umum kita jumpai di kehidupan sehari-hari yang dapat berpengaruh terhadap kesehatan organ tubuh lainnya seperti paru-paru, liver, dan otak. Apabila gangguan ini tidak ditangani dengan baik, maka dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Penting untuk mengelola gaya hidup dan pola diet yang sehat, agar fungsi dan kesehatan pencernaan (gut health) dapat terjaga. Salah satu upayanya, dengan berpuasa atau Intermittent Fasting. Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa berpuasa memiliki peran detoksifikasi sekaligus ‘mengistirahatkan’ organ pencernaan, sehingga sel-sel dalam organ tersebut memiliki waktu untuk memperbaiki jaringan selnya agar dapat bekerja optimal, dan mampu meningkatkan imunitas tubuh,” tambah dr. Stevent. 


Dr. dr. Stevent Sumantri, SpPD, K-AI, DAA, FINASIM selaku Dokter Spesialis Penyakit Dalam & Konsultan Alergi Imunologi. Foto: Novi

 

Sementara itu, Gianni Yosephine menjelaskan, “Selain kegiatan berpuasa atau Intermittent Fasting, kita juga perlu memeriksa secara berkala kondisi kesehatan sistem pencernaan sebagai upaya deteksi dini jika terjadi gejala atau gangguan pada sistem pencernaan, agar metabolisme tubuh dapat terjaga dengan baik dan optimal.” 

“Adanya potensi gangguan pada keseimbangan mikrobiota dalam usus dapat menimbulkan beragam penyakit, karena mikrobiota di saluran pencernaan memiliki peran dalam memberi nutrisi bagi sel-sel organ lainnya. Prodia sendiri telah memiliki pemeriksaan untuk mengetahui keseimbangan mikrobiota usus yang bernama ProHealthy Gut yang merupakan pemeriksaan kesehatan pencernaan yang lengkap meliputi makroskopis feses, mikroskopis feses, darah samar serta short chain fatty acid (SCFA). Pemeriksaan ini bermanfaat untuk mengevaluasi kesehatan pencernaan secara umum dan mengukur konsentrasi SCFA yang dapat menggambarkan keseimbangan mikrobiota usus,” tambah Gianni. 

Hingga saat ini, Prodia adalah satu satunya laboratorium di Indonesia yang mengerjakan pemeriksaan ProHealthy Gut. Prodia sebagai laboratorium yang memiliki visi sebagai Next Generation Heathcare terus mengembangkan diri dengan menyediakan pemeriksaan terbaru, tercanggih untuk mendukung pengobatan generasi baru. Secara tidak langsung hal ini tentunya mendukung kemajuan perkembangan ilmu kedokteran di Indonesia. Hadirnya pemeriksaan ProHealthy Gut memberi jawaban kesehatan usus kita, yang mungkin selama ini kurang mendapat perhatian lebih.  

Untuk memfasilitasi kebutuhan pemeriksaan ProHealthy Gut dan pemeriksaan kesehatan lainnya, Prodia memiliki layanan chat dokter gratis dan Home Service yang dapat dipesan melalui aplikasi U by Prodia maupun Kontak Prodia di 1500 830. Sehingga, pelanggan yang menjalankan ibadah puasa dapat lebih mudah melakukan pemeriksaan di mana saja dan kapan saja. 

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut