get app
inews
Aa Read Next : Presiden Jokowi Hadiri Pembukaan Gelaran Vokasifest x Festival Kampus Merdeka 2023

Untuk Ke-empat Kalinya, Ajang Kreativitas Sineas Muda Kembali Digelar

Kamis, 29 Februari 2024 | 16:13 WIB
header img
Media Gathering & Screening Layar Indonesiana 2024, Rabu, 28 Februari 2024 di Cinema 01, CGV fX Sudirman, Jakarta. Foto: Novi

JAKARTA, iNewsDepok.id - Kompetisi film pendek Layar Indonesiana kembali hadir di tahun 2024. Ajang ini merupakan wadah bagi para sineas muda Indonesia untuk menunjukkan bakat dan kreativitas mereka dalam berkarya film.

Digelar untuk ke-empat kalinya, agenda rutin tahunan, Layar Indonesiana 2024 kali ini mengusung tema "Indonesia Bangkit: Semangat Baru, Cerita Baru". Tema ini dipilih untuk membangkitkan optimisme dan semangat baru di tengah masyarakat Indonesia pasca pandemi Covid-19.

Kompetisi ini terbuka untuk semua film pendek bergenre fiksi dan dokumenter dengan durasi maksimal 15 menit. Pendaftaran akan dibuka mulai tanggal 1 Maret 2024 hingga 30 April 2024.

Para pemenang Layar Indonesiana 2024 akan mendapatkan berbagai hadiah menarik, termasuk: trofi Layar Indonesiana, dana pembinaan, pelatihan dan mentoring serta kesempatan untuk ditayangkan di festival film nasional dan internasional.

Layar Indonesiana 2024 didukung oleh berbagai pihak, antara lain: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Badan Perfilman Indonesia (BPI), Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI), Institut Kesenian Jakarta (IKJ), dan Festival Film Indonesia (FFI).

Dengan penyelenggaraan Layar Indonesiana 2024, diharapkan dapat melahirkan talenta-talenta baru di dunia perfilman Indonesia dan menghasilkan karya-karya film pendek berkualitas yang dapat mengangkat cerita dan budaya Indonesia di kancah nasional dan internasional.

Dikatakan Ahmad Mahendra, Direktur Perfilman Musik dan Media Kemendikbudristek RI, program kompetisi ini merupakan wadah bagi sineas tanah air, bahkan membuka peluang bagi bakat-bakat baru di dunia film Indonesia. 

"Program Layar Indonesiana ini merupakan wadah persemaian bakat-bakat baru perfilman yang menopang regenerasi sineas nasional. Juga merupakan wujud dukungan nyata dari pemerintah untuk melahirkan karya film yang semakin diakui dunia," kata Mahendra saat jumpa pers di CGV fX Sudirman Jakarta pada Rabu, 28 Februari 2024.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut