get app
inews
Aa Read Next : Hemophobia alias Takut Darah: Mengenal Penyebab, Gejala, dan Tips Penanganan

Hentikan Merokok, Ini Bahaya Tar dan Nikotin bagi Kesehatan Tubuh

Kamis, 08 Februari 2024 | 06:59 WIB
header img
Ilustrasi Bahaya Tar dan Nikotin bagi Kesehatan Tubuh. Foto: Istimewa

DEPOK, iNewsDepok.id -  Rokok merupakan produk yang mengandung ribuan zat kimia, yang sebagian besar berbahaya bagi kesehatan. Dua zat kimia yang paling banyak dikenal orang adalah tar dan nikotin.

Tar adalah zat yang dihasilkan dari pembakaran rokok, sedangkan nikotin adalah senyawa alami yang terdapat pada tanaman tembakau. Kedua zat ini memiliki efek negatif yang berbeda pada tubuh, namun sama-sama perlu dihindari. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai bahaya tar dan nikotin bagi kesehatan tubuh.

Bahaya Tar bagi Kesehatan

Tar adalah zat yang bersifat karsinogenik, yaitu dapat memicu pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. Tar dapat menempel pada gigi, lidah, dan gusi, sehingga menyebabkan warna kuning kecokelatan, bau mulut, dan kerusakan gigi. Tar juga dapat masuk ke dalam paru-paru melalui asap rokok yang dihirup. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan jaringan paru-paru, seperti bronkitis, emfisema, PPOK, dan kanker paru-paru.

Tar juga dapat memengaruhi fungsi silia, yaitu rambut halus yang berfungsi untuk menyaring polutan yang masuk ke saluran pernapasan. Tar dapat melemahkan atau membunuh silia, sehingga polutan dapat masuk lebih dalam ke paru-paru. Hal ini dapat meningkatkan risiko infeksi saluran pernapasan, seperti radang tenggorokan, sinusitis, dan pneumonia.

Tar juga dapat masuk ke dalam aliran darah dan menyebar ke organ tubuh lainnya. Hal ini dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung, stroke, dan aterosklerosis. Tar juga dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh menjadi lebih rentan terhadap penyakit infeksi.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut