get app
inews
Aa Read Next : Tingkatkan Kesejahteraan Petani, UPLAND Project Kementan Ekspor Bawang Goreng Hingga Eropa

9 Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan Tubuh

Sabtu, 10 Februari 2024 | 11:48 WIB
header img
Ilustrasi Bawang Merah. Foto: Istimewa

DEPOK, iNewsDepok.id - Bawang merah adalah salah satu bumbu dapur yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia. Selain memberikan rasa dan aroma yang lezat pada masakan, bawang merah juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Bawang merah mengandung berbagai nutrisi, seperti vitamin, mineral, antioksidan, dan senyawa fitokimia, yang dapat membantu mencegah dan mengatasi berbagai penyakit. Berikut ini adalah 9 manfaat bawang merah untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Bawang merah memiliki senyawa alil sulfida, yang dapat berperan dalam mencegah penyakit jantung. Senyawa ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), menurunkan tekanan darah, dan mencegah pembekuan darah. Dengan demikian, mengonsumsi bawang merah secara rutin dapat membantu mencegah risiko penyakit kardiovaskular, seperti aterosklerosis, serangan jantung, atau stroke.

2. Mencegah Kanker

Bawang merah juga memiliki senyawa quercetin, yang merupakan salah satu jenis flavonoid. Flavonoid adalah antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul yang tidak stabil yang dapat menyebabkan perubahan DNA dan pertumbuhan sel abnormal. Dengan mengonsumsi bawang merah, Anda dapat membantu mencegah risiko kanker, terutama kanker usus, payudara, prostat, ovarium, dan endometrium.

3. Mengurangi Risiko Obesitas

Bawang merah juga dapat membantu mengurangi risiko obesitas, karena mengandung serat larut. Serat larut adalah jenis serat yang dapat membentuk gel di dalam usus dan menyerap air. Serat larut dapat membantu mengurangi penyerapan gula dan lemak di usus, sehingga mengurangi asupan kalori. Selain itu, serat larut juga dapat membantu meningkatkan kesehatan usus, karena merupakan makanan bagi bakteri baik yang hidup di usus. Bakteri baik ini dapat membantu mengatur metabolisme, sistem imun, dan berat badan.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut