get app
inews
Aa Read Next : Uji Coba Instagram untuk Kreator, Bisa Highlight Komentar dalam Story

Hore! Telegram Resmi Luncurkan Fitur Stories di Ulang Tahun yang ke-10

Selasa, 15 Agustus 2023 | 12:49 WIB
header img
Fitur terbaru Telegram, Stories atau Cerita sudah rilis untuk seluruh pengguna. Foto: Telegram

DEPOK, iNewsDepok.id - Telegram merayakan ulang tahunnya yang ke-10 dengan meluncurkan fitur Stories atau Cerita untuk seluruh penggunanya. Fitur tersebut awalnya rilis untuk pengguna Premium saja bulan lalu.

Menurut Telegram melalui postingan blognya pada Senin (14/8/2023), mereka meluncurkan fitur Cerita dengan mode kamera ganda yang unik, pengaturan privasi terperinci, pilihan durasi yang fleksibel, dan fitur-fitur lainnya dalam pembaruan ini.

Telegram mengatakan, fitur Cerita telah disarankan sejak lama oleh para penggunanya. Dalam aplikasi, Cerita ditampilkan dalam menu tersendiri yang dapat diperluas di bagian atas layar, sehingga pengguna masih bisa melihat daftar obrolan. Pengguna dapat memberikan reaksi, membagikannya, atau membalas secara pribadi Cerita yang sedang dilihat.

Secara bawaan, pengguna akan melihat Cerita dari semua kontak di beranda. Pengguna dapat menyembunyikan Cerita dari kontak tertentu dengan mengirimkannya ke dalam arsip obrolan.

Cerita di Telegram mengizinkan pengguna mengambil foto atau video dari kamera depan dan belakang secara bersamaan. Pengguna juga dapat mengatur posisi tangkapan kamera, termasuk saat merekam. Fitur Cerita juga memungkinkan pengguna menambahkan teks, gambar, stiker, atau lokasi dengan editor medianya.

Sama seperti Instagram Story, pengguna Telegram dapat memilih privasi dalam membagikan ceritanya. Terdapat pilihan Semua Orang, Kontak Saya, Teman Dekat, dan Kontak Terpilih. Telegram menjelaskan, tiap opsi dapat sepenuhnya disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Pengguna juga dapat menonaktifkan tangkapan layar untuk melarang orang lain menyimpan atau membagikannya.

Uniknya, Telegram memberi pilihan Cerita dapat tetap tersedia berapa lama bagi penggunanya, dengan opsi 6, 12, 24, atau 48 jam. Pengguna juga dapat mempostingnya di profil, yang nantinya ditempatkan dalam tata letak yang mirip seperti profil Instagram.

Jika di Instagram, WhatsApp, dan Facebook tidak dapat mengedit Story, Telegram memberi fitur edit untuk Cerita. Pengguna dapat memperbarui elemen apa pun dalam ceritanya kapan pun, sehingga pengguna tidak perlu menghapus dan mempostingnya lagi dari awal.

Pengguna juga diberikan statistik yang terperinci untuk Cerita. Setelah memposting cerita, pengguna dapat membukanya untuk melihat daftar penonton dan menyaringnya berdasarkan penayangan terkini atau reaksi dahulu. Pengguna juga bisa mencari nama pengguna tertentu dengan mengetik namanya dalam kolom pencarian.

Meski fitur Cerita sudah tersedia ke seluruh pengguna, Telegram masih menawarkan pengguna Premium menggunakan fitur tambahan. Pengguna Premium bisa mengaktifkan fitur Mode Rahasia yang akan menghapus semua penayangan dari seluruh Cerita yang mereka lihat dalam lima menit terakhir dan 25 menit berikutnya.

Cerita atau Stories Telegram telah rilis ke seluruh pengguna iOS dan Android dalam pembaruan terakhir aplikasinya. Pengguna sudah dapat mencoba membuat Cerita di Telegram dan membagikannya ke orang lain sekarang.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut