get app
inews
Aa Read Next : Penyakit X 20 Kali Lebih Mematikan Dari Covid-19? Begini Penjelasannya

Kamerun Memulai Vaksinasi Malaria Rutin Dalam Tonggak Sejarah Global

Kamis, 25 Januari 2024 | 11:20 WIB
header img
Seorang perawat memberikan vaksin malaria kepada bayi di puskesmas di Datcheka, Kamerun 22 Januari 2024. Foto: Reuters/Desire Danga Essigue

DEPOK, iNews Depok.id - Perjuangan global melawan malaria mengalami kemajuan pada Senin ketika Kamerun memulai program vaksin rutin pertama di dunia untuk melawan penyakit yang ditularkan oleh nyamuk tersebut.

Dalam pembuatannya yang memakan waktu sekitar 40 tahun, vaksin RTS,S yang disetujui Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yang dikembangkan oleh produsen obat Inggris GSK, dimaksudkan untuk bekerja sama dengan alat yang sudah ada seperti kelambu untuk memerangi malaria, yang di Afrika membunuh hampir setengah juta anak di bawah umur.

Setelah uji coba yang sukses, termasuk di Ghana dan Kenya, Kamerun menjadi negara pertama yang memberikan dosis melalui program rutin yang ingin diluncurkan oleh 19 negara lain tahun ini, menurut aliansi vaksin global Gavi.

Sekitar 6,6 juta anak di negara-negara ini menjadi target vaksinasi malaria pada tahun 2024-2025.

“Untuk waktu yang lama, kami telah menantikan hari seperti ini,” kata Mohammed Abdulaziz dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Afrika (CDC) pada konferensi daring bersama dengan WHO, Gavi, dan organisasi lainnya.

Caroline Badefona, manajer rumah sakit Cliniques des Anges di Douala, mengatakan lima anak perempuan dan satu anak laki-laki berusia enam bulan divaksinasi di rumah sakitnya pada hari Senin.

"Itu berjalan sangat baik," katanya. “Kami bangga dengan adanya program ini karena dapat memberantas penyakit malaria pada anak usia enam hingga 59 bulan.”

Di sebuah pusat kesehatan di distrik Datcheka, Kamerun utara, 12 anak menerima vaksinasi pada Senin pagi, dilansir dari Reuters.

Namun petugas kesehatan di pusat-pusat kesehatan lain mengatakan kepada Reuters bahwa para orang tua belum mendapat informasi yang memadai tentang vaksin tersebut, dan beberapa dari mereka takut untuk memberikan izin kepada anak-anak mereka untuk menerimanya.

“Alasan saya tidak menerimanya adalah karena saya tidak diberitahu – saya tidak tahu hal itu ada,” kata Audrey Stella, seorang ibu yang menolak vaksinasi anaknya di Rumah Sakit Distrik Japoma di Douala.

KASUS MENINGKAT

Melansir Reuters pada Rabu (24/1/2024), Gangguan yang terkait dengan pandemi COVID dan masalah lainnya telah menghambat upaya melawan malaria dalam beberapa tahun terakhir, dengan kasus meningkat sekitar 5 juta tahun-ke-tahun pada tahun 2022, menurut WHO.

Secara keseluruhan, lebih dari 30 negara di Afrika telah menyatakan minatnya untuk memperkenalkan vaksin tersebut dan kekhawatiran akan terbatasnya pasokan telah mereda sejak vaksin keduamenyelesaikan langkah regulasi utama pada bulan Desember.

Peluncuran vaksin kedua “diharapkan akan menghasilkan pasokan vaksin yang cukup untuk memenuhi tingginya permintaan dan menjangkau jutaan anak lagi”, direktur imunisasi WHO, Kate O’Brien, mengatakan pada pengarahan tersebut.

Vaksin R21 yang dikembangkan oleh Universitas Oxford dan Serum Institute of India ini kemungkinan akan diluncurkan pada Mei atau Juni, kata Chief Program Officer Gavi, Aurelia Nguyen.

“Memiliki dua vaksin untuk malaria akan membantu menutup kesenjangan besar antara permintaan dan pasokan dan dapat menyelamatkan puluhan ribu nyawa anak muda, terutama di Afrika,” kata Tedros Adhanom Ghebreyesus, direktur jenderal WHO, pada pertemuan PBB. dewan eksekutif badan pada hari Senin.

Beberapa ahli telah menyatakan keraguannya mengenai potensi dampak vaksin, dengan mengatakan bahwa perhatian dan pendanaan tidak boleh dialihkan dari upaya yang lebih luas melawan penyakit mematikan ini dan penggunaan alat pencegahan yang sudah ada seperti kelambu.

Pakar kesehatan yang hadir dalam briefing tersebut mengatakan bahwa peluncuran ini disertai dengan penjangkauan masyarakat yang luas untuk melawan keraguan terhadap vaksin dan menekankan pentingnya terus menggunakan semua tindakan perlindungan bersamaan dengan vaksin.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut