get app
inews
Aa Read Next : Kembangkan Teaching Factory Kopi, Polbangtan Kementan Cetak Wirausahawan Handal

Kisah Petani Bawang Sumenep Binaan UPLAND Project Kementan Tembus Pasar Belanda

Minggu, 17 Desember 2023 | 23:11 WIB
header img
Ekspor bawang dari Sumenep hingga ke Belanda. Foto: iNews Depok/dok. Kementan

"Ya itu kebetulan harga lagi murah-murahnya waktu itu. Setelah menunggu beberapa saat ada informasi katanya mau diekspor. Kita punya barang enggak dijual karena murah, alhamdulillah kita dibantu ekspor ke luar negeri, tambah senang kita semua petani yang ada di sini," ujarnya.

Berkaca dari pengalaman tersebut, Marsito pun mengajak para pemuda untuk tidak usah ragu untuk menjadi petani dan bergabung dalam program UPLAND Project Kementan.

"Jangan takut untuk jadi petani meskipun kita anak muda atau milenial, petani itu bukan memalukan kalaupun kita kotor-kotoran tetapi dari segi penghasilan Insyaallah enggak akan kalah sama yang lain," pungkasnya.

Untuk diketahui, program UPLAND Project dari Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Kementerian Pertanian berhasil membawa produk bawang goreng hasil produksi petani di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, untuk dipasarkan di Belanda.

Pengelola UPLAND Project Kementan Farakka Sari dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Jumat, mengatakan ada enam ribu bungkus produk bawang goreng yang dikirim dalam ekspor perdana tersebut.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut